1657408484514812
Loading...

1 dari 10 Pria Tua Masih Memiliki Keinginan Hubungan Seks


Seks di Usia Tua
Liputan 69 - 1 dari 10 Pria Tua Masih Memiliki Keinginan Hubungan Seks - Pria di usia lanjut ternyata juga masih memiliki keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Bahkan di usia lebih dari 75 tahun, sedikitnya 1 dari 10 orang masih melakukan aktivitas seksual selama satu tahun terakhir.

Peneliti melakukan survei terhadap pria Australia yang berusia 75-95 tahun yang menikah, sekitar 40 persen dari peserta survei berusia 75-79 mengatakan pernah berhubungan seks selama 12 bulan terakhir. Bahkan pada pria yang berusia 90-95 tahun, 11 persen melaporkan juga masih melakukan aktivitas seksual dengan pasangannya.

"Meskipun banyak orang termasuk beberapa dokter mempercayai bahwa aktivitas seksual tidak penting bagi orang tua, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa di usia yang sudah sangat tua, 1 dari 5 pria masih menganggap seks itu penting," kata Zoe Hyde, seorang peneliti di University of Western Australia

Temuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine. Beberapa studi lain juga mencoba menganalisis seksualitas pada orang tua, yang kadang diasumsikan tidak lagi memiliki minat terhadap seks.

Salah satu studi di tahun 2007 yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine melaporkan bahwa lebih dari setengah dari pria berusia 65-74 tahun yang mengikuti survei di Amerika, melaporkan bahwa masih melakukan aktivitas seksual, begitu pula 26 persen dari peserta survei yang berusia 74-85 tahun.

Dalam studi baru, peneliti memeriksa hasil studi seksualitas sebanyak 2.800 pria Australia. Secara keseluruhan, hasilnya mendekati 49 persen, pria usia 75-95 seks menganggap kehidupan seks masih penting di usianya.

Penelitian ini terkait berbagai faktor kurangnya aktivitas seksual di antara pria yang lebih tua. Meningkatnya usia menyebabkan kadar testosteron rendah, kurangnya gairah seks pasangan atau keterbatasan fisik, osteoporosis, kanker prostat, diabetes, penggunaan obat depresi, dan penggunaan beberapa obat tekanan darah yang dikaitkan dengan tidak adanya seksual aktivitas pada sebagian pria yang lebih tua.

Para peneliti mengambil catatan khusus tentang hubungan antara kadar testosteron yang lebih rendah dan kurang aktivitas seksual. Namun, akan terlalu dini untuk menyarankan terapi testosteron untuk meningkatkan minat dan aktivitas seksual pada pria usia lanjut pada tahap ini.

"Adapun pada wanita yang lebih tua, penelitian menunjukkan bahwa rasa sakit dan kurangnya kepuasan merupakan isu utama bagi wanita untuk menghentikan aktivitas seksual di usia tua," kata Dr Stacy Tessler Lindau, seorang profesor yang mempelajari seksualitas di University of Chicago.

Lindau melakukan studi terhadap wanita usia tua dan hasilnya hanya 17 persen wanita berusia 75-85 tahun yang masih melakukan hubungan seksual selama satu tahun terakhir, dibandingkan dengan 39 persen pada pria.

Aktivitas seksual terkait dengan kesehatan fisik dan mental yang baik. Seks yang baik akan mempromosikan kesehatan yang baik atau sebaliknya. Tetapi perlu dikaji lebih lanjut apakah aktivitas seksual di usia lanjut memberikan manfaat yang sama seperti ketika Anda masih muda.



Fakta Seks 2069342415480240238
Beranda item

Terkini

Follow by Email