1657408484514812
Loading...

10 Tips Cara Pria Terhindar Dari Resiko Penyakit Kanker


Sayur
Liputan 69 - 10 Tips Cara Pria Terhindar Dari Resiko Penyakit Kanker - Pria yang bergaya hidup buruk lebih rentan terhadap penyakit kanker dibandingkan wanita. Hal itu dikemukakan oleh World Cancer Research Fund.

Kanker payudara tak hanya mengintai wanita. Meski risiko mengalaminya kecil, pria yang mengidap kanker payudara cenderung memiliki tingkat keparahan lebih tinggi dibandingkan wanita penderita kanker payudara.

Agar terhindar dari penyakit kanker, berikut 10 tips cara untuk mengurangi risiko penyakit kanker bagi pria:

1. Konsumsi sayuran
Dalam satu hari wajib hukumnya untuk makan sayur. Bagi pria tomat terbukti efektif untuk mencegah kanker prostat. Selain tomat, bayam, brokoli, kol dan sayuran yang berwarna hijau gelap juga bisa melawan kanker.
Sayuran-sayuran berwarna hijau mengandung phytochemicals yang bisa menahan serangan kanker. Sehingga, kanker itu bisa kalah sebelum menyerang. Selain sayuran, jangan lupa untuk makan buah-buahan.

2. Kacang
Selain sayur dan buah, kacang ternyata juga punya pengaruh positif untuk kesehatan pria. Salah satu kacang yang paling efektif mencegah kanker berkembang adalah kacang Brasil.
Sebuah studi di Cornell University, mengkonsumsi kacang Brasil bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat hingga 63 persen.

3. Berhenti Merokok
Ini sebenarnya bukan hal baru. Tapi rokok membuktikan satu penyebab penyakit kanker. Sebanyak 30 persen kanker akibat tembakau. Bukan hanya kanker paru, tapi juga mulut, tenggorokan dan ginjal.

4. Olahraga
Ayo jangan malas. Saatnya rajin menggerakkan badan. Bukan hanya baik untuk jantung dan paru, tapi juga jasmani.
Sebuah studi yang melibatkan 40 ribu pria, menyebutkan, pria yang rajin jalan kaki, bersepeda setiap hari 16 persen lebih rendah risikonya terkena kanker.

5. Cek sendiri
Kanker testis memang langka. Tapi jangan senang dulu. Kanker ini banyak menyerang pria usia 20 hingga 39 tahun. Saatnya Anda, para pria, untuk mengecek sendiri skrotum Anda. Bila ada yang aneh dan tak biasa, mungkin saatnya Anda ke dokter.

6. Kurangi daging merah, perbanyak ikan dan ayam
Kurangi sosis dan daging merah. Gantilah dengan ayam atau ikan. Beberapa studi menyebutkan daging merah bisa meningkatkan risiko terkena kanker lebih besar dibandingkan daging berwarna putih.

7. Jangan takut sinar matahari
Terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit. Namun bila jarang terkena sinar matahari maka bisa dipastikan Anda kekuarangan Vitamin D. Nah, bila sampai kekuarangan vitamin D maka risiko Anda terkena kanker meningkat.
Para ahli kesehatan menyarankan untuk tidak takut kena sinar matahari, asalkan memakai krim pelindung kulit.

8. Berteman
Bersenang-senanglah dengan teman Anda. Sebuah studi yang dilakukan oleh New York University mengungkapkan pria yang memiliki hubungan buruk dengan teman dan keluarga memiliki risiko terkena kanker prostat paling tinggi dibandingkan mereka yang suka kongkow dan memiliki hubungan baik dengan teman.

9. Tanya ibu
Tanya ibu tentang riwayat kesehatan keluarga. Bagaimana catatan kesehatan ayahmu? pamanmu? Bila memang ada pola dan riwayat kanker segera konsultasi dengan dokter.

10. Kurangi berat badan
Bila timbangan Anda sudah melewati batas, segera diet dan berolahraga. Hancurkan lemak dan hilangkan beberapa kilogram. Kegemukan dan lemak bisa meningkatkan risiko jantung dan kanker.





Penyakit Kanker 4166162184805095940
Beranda item

Terkini

Follow by Email