1657408484514812
Loading...

Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner Sejak Dini


Dalam segala hal yang namanya mencegah tentunya akan jauh lebih baik daripada mengobati termasuk juga dalam hal mencegah jantung koroner ini yang trendnya semakin meningkat setiap tahunnya dan juga penderita yang meninggal akibat penyakit jantung koroner ini juga mengalami peningkatan.

Mencegah Jantung Koroner, Portal Kesehatan

Penyakit Jantung Koroner adalah adalah suatu manifestasi khusus dan juga aterosklerosis (penumpukan plak) pada pembuluh darah arteri koroner dan hal ini berakibat kepada pasokan darah yang kaya akan oksigen yang dialirkan ke otot-otot jantung mengalami hambatan. Itu kurang lebih pengertian penyakit jantung koroner. Jantung koroner adalah akibat dari penumpukan plak. Plak itu sendiri adalah terdiri dari lemak, kolesterol, kalsium, dan zat lain yang ditemukan didalam darah. Ketika plak tersebut menumpuk di dalam arteri, kondisi ini disebut aterosklerosis. Penumpukan plak ini bisa terjadi dalam waktu yang lama.

Ada beberapa tips mencegah jantung koroner sejak dini. Di bawah ini adalah beberapa tips pencegahan jantung koroner yaitu :

Pola makan sehat.
Pola makan yang sehat adalah salah satu cara mencegah jantung koroner ini. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang. Menggoreng dengan menggunakan minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang sedikit sehingga bisa menjadi pilihan bila harus mengolah makanan dengan cara digoreng.

Perbanyak konsumsi buah dan serat.
Rekomendasi asupan buah dan serat sebanyak 3-5 porsi per hari.Penelitian menunjukkan bahwa komposisi diet masyarakat Indonesia ternyata masih relatif rendah serat terutama yang berasal dari buah-buahan.

Berhenti merokok.
Mengisap rokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung, maka segera hentikan kebiasaan ini agar jantung tetap sehat. Memang pengaruh nikotin dan beberapa zat berbahaya yang ada dalam sebatang rokok tidak langsung membahayakan jantung, tetapi membutuhkan proses yang lama untuk bisa menyebabkan jantung koroner.

Pilih daging ayam dan ikan daripada daging merah.
Daging merah cenderung lebih banyak memiliki kandungan lemak jenuh yang mengakibatkan tumpukan lemak pada pembuluh darah apabila dikonsumsi secara berlebihan.                                                            
Sedangkan ikan cenderung rendah lemak dan kolesterol.Sedangkan ikan yang hidup di laut dalam (misal tuna dan salmon) memiliki kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk jantung dan kesehatan pembuluh darah.

Menghindari obesitas.
Menghindari kegemukan adalah juga merupakan pola hidup sehatKelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.

Kurangi asupan refined carbohidrate. 
Refined carbohidrate ditemukan pada produk bakery seperti biskuit, roti kering, donat.Konsumsi refined carbohidrate dapat mengakibatkan peningkatan gula darah yang lebih cepat dan tinggi, kondisi ini sering dikaitkan dengan gangguan gula darah, kegemukan.

Olahraga secara teratur.
Olahraga ini termasuk hal dalam rangka menerapkan hidup sehat Kita dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Semoga kita terhindar dari penyakit jantung koroner ini. Mencegah jantung koroner sebelum penyakit jantung koroner ini menghampiri kita semua. Karena penyakit jantung koroner termasuk momok penyakit yang banyak menimbulkan kematian termasuk di Indonesia negara kita tercinta ini. Angka kematian jantung koroner pun semakin meningkat.
Bukan hanya di Indonesia saja, di dunia penyakit jantung koroner pun menjadi salah satu pembunuh yang masuk dalam 3 besar penyakit yang mengakibatkan kematian. Untuk itulah kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah jantung koroner itu agar kita tidak mengalaminya penyakit tersebut yang telah banyak mengakibatkan banyak korban.





Kesehatan Jantung 3692607363900876086

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email