1657408484514812
Loading...

4 Tips Cara Mencegah Uban Rambut Sejak Dini


Liputan 69 - 4 Tips Cara Mencegah Uban Rambut Sejak Dini - Munculnya uban memang tidak bisa diduga. Banyak orang yang masih muda namun sudah memiliki uban.
Uban memang dianggap sebagai salah satu tanda-tanda penuaan yang tak bisa dihindari oleh mereka yang masih berusia lanjut.
Lantas bagaimana dengan mereka yag masih muda? Rambut putih tersebut juga bisa muncul pada mereka yang masih berusia belia.
Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh bahan kimia dan kebiasaan buruk lainnya. Penampilan pun akan terganggu bila anda memiliki banyak uban di rambut.
Cara yang paling ampuh memang dengan mengecat rambut. Bila tak ingin uban muncul saat anda masih berusia belia, simak kiat mencegah uban berikut ini:
  1. Tidak stres: Sistem metabolisme dalam tubuh akan terganggu saat anda mengalami stres hebat. Ketidakseimbangan metabolisme ini berakibat fatal pada timbulnya uban. Banyak orang yang stress karena beratnya tekanan hidup memiliki banyak uban ketimbang orang yang lebih tua namun jarang mengalami stress. Anda bisa menghindari stress dengan jalan meditasi ataupun pergi berlibur bersama keluarga. Menghirup udara pegunungan bisa membuat jiwa anda bebas dan lepas.
  2. Hentikan kebiasaan merokok: Hentikan kebiasaan merokok bila anda ingin mencegah uban. Dalam rokok terdapat zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Selain bisa merusak paru-paru dan jantung, rokok juga membuat anda mengalami penuaan dini. Salah satu tandanya adalah dengan timbulnya uban di rambut. Bila anda belum bisa berhenti merokok seketika, kurangi saja asupan rokok sebisa mungkin.
  3. Perhatikan pola makan: Diet yang sehat dan tepat bisa mencegah uban. Perbaiki pola makan anda yang salah. Kebanyakan orang lebih banyak mengkonsumsi lemak dan karbohidrat tanpa memperhatikan asupan protein. Perlu diketahui bahwa uban bisa timbul karena jaringan protein di dalam rambut rusak. Untuk menggantinya anda perlu mencukupi asupan protein. Selain itu perhatikan pula asupan zat besi. Anda bisa makan daging merah dan sayuran hijau untuk mencukupi kebutuhan zat besi. Bila perlu anda bisa mengkonsumsi multivitamin yang mampu menutrisi tubuh dan rambut secara efektif.
  4. Kurangi penggunaan zat kimia di rambut: Pemakaian zat kimia yang berlebihan pada rambut bisa berakibat pada munculnya uban. Anda bisa mencegah uban dengan cara mengurangi penggunaan produk kimia seperti hairspray, cat rambut, dan obat keriting rambut. Rawat rambut anda dengan cara yang alami seperti melakukan masker ataupun hair spa menggunakan alpukat, pepaya, madu ataupun jeruk nipis. Pilih pula sampo dan conditioner yang memang sesuai dengan jenis rambut yang anda miliki.






Rambut 1221198703812371519

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email