1657408484514812
Loading...

5 Manfaat Puasa (Menahan Lapar) Bagi Kesehatan Tubuh Manusia



manfaat puasa ramadhan, manfaat puasa, portal kesehatan
Liputan 69 - 5 Manfaat Puasa (Menahan Lapar) Bagi Kesehatan Tubuh Manusia - Puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. 
Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan, karena overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif, seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis, dan lain-lain. 
Ada beberapa manfaat puasa ini bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yaitu :
  1. Puasa mengistirahatkan pencernaan dan perut dari kelelahan kerja yang terus menerus, mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, memperkuat badan.
  2. Memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan. Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras, oleh karena itu sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat.
  3. Membersihkan tubuh dari racun & kotoran (detoksifikasi). Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.
  4. Mendorong terjadinya pergantian sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru(peremajaan).
  5. Memperbaiki fungsi hormon dan juga meningkatkan fungsi organ tubuh.

Demikian 5 manfaat puasa bagi kesehatan dari sekian banyak manfaat puasa lainnya.





Artikel Kesehatan 1249681595665262513
Beranda item

Terkini

Follow by Email