1657408484514812
Loading...

Efek Posisi Tidur Terlentang, Miring, dan Tengkurap Terhadap Tubuh


Tidur merupakan waktu mengistirahatkan tubuh dan fikiran setelah seharian beraktivitas. 
Kualitas tidur yang baik tidak hanya ditentukan oleh lamanya waktu tidur, tapi juga posisi tidur. Karena tidur dengan posisi yang salah dapat menyebabkan tubuh bagian belakang seperti punggung dan leher terasa sakit.

Dilansir dari Genius Beauty inilah posisi tidur dari yang paling baik hingga posisi tidur yang buruk serta efeknya terhadap tubuh :

Posisi tidur terlentang

Posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur malam yang paling deal. Dengan tidur terlentang secara otomatis bisa meluruskan posisi tulang punggung. Posisi ini membantu mencegah munculnya rasa sakit di leher dan punggung, mengurangi refluks asam (kondisi memuntahkan asam lambung, karena naiknya asam lambun), dan bisa mengurangi kerutan-kerutan wajah karena wajah tidak tertekan. Agar nyaman gunakanlah bantal yang tak terlalu tebal dan bisa menopang kepala belakang hingga leher dan juga dibagian bawah lutut.

Posisi tidur miring

Posisi tidur miring juga menjadi posisi tidur yang baik serta posisi tidur kebanyakan orang. Selain bisa meluruskan punggung posisi tidur ini juga bisa mencegah masalah  sleep apnea atau mendengkur. Agar nyaman saat tidur dengan posisi miring usahakan menyangga leher dan kepala dengan bantal dan juga meletakkan bantal di antara kedua lutut untuk mengurangi tekanan punggung.

Posisi tidur tengkurap

Menurut ahli kesehatan, posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur yang paling buruk. Tidak hanya memberi tekanan ekstra pada leher dan tulang punggung, posisi ini juga bisa menekan otot perut. Posisi ini bisa menyebabkan otot tegang dan kaku. Selain itu, tidur tengkurap membuat leher dan kepala terpaksa berputar ke satu sisi saja dan bisa membuat sakit leher.





Tidur 3864678149186399595
Beranda item

Terkini

Follow by Email