1657408484514812
Loading...

6 Sebab yang Bikin Orang Susah Tidur


Liputan 69 - 6 Sebab yang Bikin Orang Susah Tidur - Ada banyak penyebab seseorang susah tidur.  Penyebabnya kadang bukan hal-hal serius atau berat tapi hal sepele dan biasa-biasa saja.
Inilah 6 hal sepele yang bikin Anda tak bisa tidur lelap, seperti dikutip dari Cosmopolitan USA dan bbc.co.uk.

1. Tirai jendela
Jika tirai jendela terlalu pendek atau transparan, cahaya lampu dari luar masuk ke kamar tidur dan menyebabkan produksi melatonin terganggu. Melatonin adalah hormon yang membikin mengantuk dan tertidur. William C. Kohler, MD, direktur medis di Florida Sleep Institute menyarankan untuk mengganti tirai dengan material yang lebih tebal dan gelap agar cahaya tidak masuk.

2. Alarm
Memasang alarm memang membantu Anda untuk bangun tepat pada waktunya. Tapi itu hanya akan membuat lebih sulit tidur, karena memasang alarm akan menggoda Anda untuk selalu mengecek waktu. Sudah cukupkah aku tidur? Berapa lama aku terlelap tadi? Apakah alarm-nya berfungsi? Hal-hal seperti itu akan membuat Anda lebih sulit relaks dan tertidur. Sebaiknya percayakan pada siklus tidur tubuh Anda.

3. Nonton film
Ada beberapa orang yang baru bisa tidur sambil nonton TV. Jika itu Anda alami, tontonlah film-film bertema mellow dan alur ceritanya lambat seperti melodrama. Hindari film dan serial horor, thriller seperti 'Walking Dead', 'True Blood', dan sejenisnya. Menurut Michael Breus, PhD, penulis 'The Sleep Doctor's Diet Plan', menonton sesuatu yang memicu adrenalin lebih dari 30 menit sebelum tidur akan membuat sulit terlelap.

4. Temperatur
Temperatur ruangan yang ideal untuk bisa tidur nyenyak adalah 19 - 24 derajat Celcius. Namun, bisa berbeda-beda tergantung tingkat kenyamanan individu. Pilihlah sprei dan selimut dari bahan katun agar terjadi sirkulasi udara dan menjaga suhu tetap nyaman saat tubuh Anda di bawah selimut. Jika ada kecenderungan suhu tubuh Anda suka naik saat tidur, kenakan piyama yang mudah menyerap dan mengeringkan keringat agar terasa tetap sejuk sepanjang malam.

5. Warna dinding
Dinding kamar berwarna oranye terang bukan pilihan tepat jika Anda ingin cepat tidur. Sebaiknya gunakan warna yang lembut, sejuk atau netral yang secara alami menenangkan sistem syaraf.

6. Sinar dari laptop
Sinar dari laptop, smartphone atau tablet akan menghalangi produksi melatonin, sehingga membuat Anda terjaga. Jangan nyalakan smartphone, ipad, laptop atau gadget lainnya beberapa jam sebelum tidur.





Tidur 2706288754176154170
Beranda item

Terkini

Follow by Email