1657408484514812
Loading...

6 Suplemen yang Membantu Turunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi


Kolesterol pada dasarnya sangat diperlukan dalam berbagai proses metabolisme tubuh. 
Mulai pembentukan dinding sel, pembuatan asam empedu untuk mengemulsikan lemak serta pembentukan hormon-hormon seks dan kortikosteroid.



Selain itu, kolesterol juga penting dalam pengaturan volume dan tekanan darah, kadar gula darah, otot hingga kekebalan tubuh. Namun demikian, jika kolesterol yang beredar dalam darah berlebihan justru dapat memicu terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah yang dapat menghambat aliran darah, sehingga mengakibatkan serangan jantung ataupun stroke.

Hiperkolesterol atau Kolesterol Tinggi

Hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol yang tinggi dalam darah telah menjadi masalah kesehatan global yang dialami oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Kondisi ini memang bukan penyakit, namun merupakan kekacauan metabolisme yang dapat berkontribusi pada berbagai bentuk penyakit, terutama penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung dan pembuluh darah.

Meski demikian, Anda masih memiliki alternatif yang patut untuk dipertimbangkan dalam rangka membantu Anda menurunkan dan menjaga kadar kolesterol darah Anda, yaitu dengan menggunakan suplemen.

Berikut ini merupakan panduan bagi Anda untuk memilih suplementasi yang tepat dan efektif dalam upaya untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah Anda.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu vitamin terbaik untuk menurunkan kolesterol Anda. Vitamin yang merupakan antioksidan kuat ini akan meningkatkan pemindahan kolesterol dari darah dalam bentuk asam empedu, serta memicu gerakan usus yang diperlukan yang akan menghilangkan asam empedu.

Soy Protein


Soy Protein secara alami akan membantu meningkatkan tingkat HDL. Efek yang menguntungkan ini terbukti dalam berbagai penelitian, yang menunjukkan peningkatan kolesterol baik, HDL, setelah konsumsi Soy Protein. HDL yang meningkat akan membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah.

Omega 3

Omega 3 adalah asam lemak baik yang mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) dan telah terbukti dalam penelitian klinis untuk menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida darah.                              
Bahkan berbagai penelitian telah membuktikan beberapa jenis nyeri kronis dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan ataupun suplemen yang kaya akan asam lemak esensial Omega-3.

Niacin (Niasin atau Vitamin B3)

Niasin merupakan suplemen yang efektif untuk membantu meningkatkan HDL atau kolsterol baik dan menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah Anda. Niasin akan menghambat pelepasan asam lemak dari jaringan lemak, sehingga menurunkan kadar trigliserida dan kolseterol darah.

L-Carnitine

L-Carnitine merupakan senyawa yang disintesis dalam tubuh dan berfungsi untuk membantu mengangkut asam lemak rantai panjang ke dalam tubuh Anda untuk menyediakan energi bagi tubuh Anda. Jadi, L-Carnitine akan membantu tubuh Anda untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi. L-Carnitine akan membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) Anda serta menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Serat

Serat, dalam hal ini serat larut, akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol oleh tubuh di dalam usus. Penelitian menunjukkan bahwa serat larut sangat efektif dalam membantu menurunkan baik kadar kolesterol total maupun kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah Anda.

Kebutuhan serat yang dianjurkan dalam sehari adalah sekitar 25 gram sehari, namun hanya kebanyakan dari kita mengkonsumsi kurang dari jumlah itu. Dan hanya sekitar 20% dari total asupan serat Anda yang cenderung akan larut. Oleh karena itu, mengkonsumsi suplemen serat setiap hari dapat sangat membantu.

Selain dengan menjaga pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik secara teratur, memilih suplemen yang tepat tentu akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan Anda sekarang maupun di masa yang akan datang.





Kesehatan Jantung 7378240747784838
Beranda item

Terkini

Follow by Email