1657408484514812
Loading...

5 Tips Menghindari Kulit Iritasi atau Terbakar Sinar Matahari


Liputan 69 - 5 Tips Menghindari Kulit Iritasi atau Terbakar Sinar Matahari - Kita tentu ingin menghindari kulit menjadi iritasi atau terbakar akibat sengatan matahari. Oleh karenanya, ingat selalu akan tips berikut terutama saat Anda main ke pantai atau tempat-tempat dimana panas matahari menyengat.


1. Waktu Berjemur
Menghindari kulit terbakar bisa dilakukan dengan berbagai cara. Namun, tak ada yang lebih ampuh ketimbang menghindari sinar matahari di saat terik-teriknya. Waktu ketika matahari mencapai puncak teriknya berbeda-beda untuk tiap wilayah, tergantung di mana Anda tinggal serta musim di tempat tersebut. Pun demikian, biasanya ia mulai ‘memanas’ mulai pukul 10.00 dan memuncak pada jam 12.00. Selanjutnya, terik akan berkurang secara bertahap. Hingga pukul 15.00, hendaknya jangan habiskan waktu dengan berjemur. Waktu-waktu inilah yang dianggap paling buruk untuk bermandi cahaya matahari, dan kulit terbakar taruhannya.

2. Pemilihan Penggunaan Pakaian
Jika memang Anda terpaksa keluar rumah, pakailah pakaian yang dapat melindungi tubuh dari sengat matahari. Topi, kemeja – sebagai pelapis, paying, pas digunakan ketika Anda bermain di pantai atau bersepeda keliling kota.

3. Krim Tabir Surya 
Krim tabir surya adalah barang wajib jika Anda hendak menuju daerah yang terik. Oleskan pada bagian yang terekspos matahari secara langsung. Dan jika Anda memiliki agenda bermain air, jangan lupa oleskan kembali pada tubuh setelah Anda selesai. Sebagai tambahan, pakai juga pelembab bibir untuk menghindarkannya dari kering dan pecah-pecah.

4. Perhatikan Area Tersembunyi. 
Anda mungkin menganggapnya sebagai daerah yang aman dari sinar matahari, tapi sesungguhnya Anda tidak tahu itu. Oleskan tabir surya pada bagian-bagian seperti di balik dengkul, di belakang leher, siku, juga telinga. Kaki juga mesti dioleskan jika Anda mengenakan sandal. Oh, jangan lupakan kulit kepala ya! Beberapa sampo telah dilengkapi perlindungan SPF, kok.

5. Durasi Berjemur
Hindari obsesi berlebihan dalam mendapatkan kulit kecoklatan dengan berbaring terlalu lama di bawah terik matahari. Jika Anda menginginkan kulit tanned, lakukan dengan bertahap dan dalam tempo yang masuk akal. Berjemur dalam satu waktu untuk jangka waktu yang lama hanya akan membakar kulit dan membuat Anda menderita.





Kulit 2539020314481552218

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email