1657408484514812
Loading...

8 Manfaat Tertawa untuk Meningkatkan Kesehatan


Tertawa itu menyehatkan. Ya, tertawa terbahak-bahak memang selalu menyenangkan dan membuat perasaan ceria, tetapi apakah Anda tahu bahwa sering tertawa sebenarnya dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda?


Nah, dilansir dari Dailyhealthpost, berikut ini 8 manfaat tertawa yang mungkin belum pernah Anda ketahui:

1. Menjauhkan Diri dari Stres

Tertawa dapat menurunkan level stres Anda dengan signifikan, secara fisik maupun mental. Pertama, respon fisik tertawa meniru respon stres, dengan denyut jantung dan pernapasan yang meningkat secara cepat. Kemudian, setelah Anda berhenti tertawa, respon stres akan menghilang, dan pada akhirnya membuat Anda merasa lebih santai, dan pemikiran pun lebih tenang.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi telah mengungkap bahwa tertawa selama dua puluh hingga tiga puluh menit sehari bisa membantu menurunkan tekanan darah pada orang dewasa. Ini adalah efek tertawa yang sangat penting, karena tekanan darah tinggi dapat menyebabkan bermacam masalah kesehatan yang serius, termasuk stroke dan penyakit jantung.

3. Membakar Kalori

Saat Anda tertawa, coba perhatikan apa yang terjadi pada tubuh Anda. Anda mungkin kehabisan napas, mengalami peningkatan denyut jantung, dan bahkan mungkin mengalami beberapa nyeri otot di perut. Tidak mengherankan, karena tertawa sebenarnya bisa menjadi olahraga yang cukup baik lho. Rata-rata sepuluh hingga lima belas menit tertawa bisa membakar sekitar 50 kalori pada tubuh Anda.

Sebuah studi menemukan bahwa pasien sakit kronis mengalami penurunan 55% dalam persepsi rasa sakit mereka setelah 8 minggu menjalani sesi 'terapi tertawa'. Walaupun tertawa masih belum bisa mengalahkan kegunaan analgesik dalam pengobatan rasa sakit secara fisik, terapi tertawa bisa menjadi salah satu cara alternatif yang berguna untuk mengobati sakit kronis, tanpa aspek negatif dari obat penghilang rasa sakit.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Studi lain menyangkut penderita diabetes menemukan bahwa pasien memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah menghadiri sebuah acara komedi, ketimbang mereka yang menghadiri sebuah mata kuliah. Meskipun masih harus dilihat apakah efek ini juga terjadi pada individu yang tak menderita diabetes, tertawa tampaknya memang dapat membantu mengatur kadar gula darah pada umumnya.

6. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Stres dapat memiliki efek negatif yang serius pada sistem kekebalan tubuh. Hormon stres dan neuropeptida umumnya dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Dengan menghilangkan stres melalui tertawa, Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta memiliki kesempatan yang lebih baik untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit.

7. Tidur Lebih Baik

Tidur merupakan bagian yang sangat penting dari kesehatan, dan kurang tidur akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari kurangnya konsentrasi hingga tekanan darah tinggi. Dengan fungsinya yang dapat meningkatkan relaksasi dan menurunkan rasa sakit, rutinitas tertawa akan dapat membantu Anda menghilangkan insomnia dan tidur lebih lelap.

8. Memperlancar Aliran Darah

Sebuah studi di University of Maryland menemukan bahwa orang yang sering menonton acara komedi cenderung memiliki aliran darah yang lebih baik ketimbang mereka yang sering menonton drama menyedihkan. Karenanya, tertawa juga dapat membantu melindungi kesehatan Anda dengan memperlancar aliran darah beroksigen yang dibutuhkan organ-organ tubuh agar dapat bekerja dengan baik.

Sebuah studi lain juga mengungkap bahwa anak-anak tertawa rata-rata 300 kali sehari, sedangkan orang dewasa tertawa kurang dari 20 kali sehari. Nah, seberapa seringkah Anda tertawa?





Kesehatan 4933847230343783093

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email