1657408484514812
Loading...

Tips Cara Awet Muda dengan Terapi Stem Cell


Ingin lebih muda dari umur sesungguhnya? Anda bisa mendapatkan keinginan itu dengan melakukan sebuah terapi bernama stem cell (sel induk).  


Pada Jumat (23/8) dokter bedah kosmetika asal Amerika Serikat Mark Berman memberikan penjelasan soal terapi stem cell di Jakarta. 
Terapi stem cell caranya dengan mengambil lemak dari sel tubuh sendiri. Lalu lemak yang diambil itu dimasukan ke dalam tubuh kembali. Cara ini bisa memperbaiki orang-organ tubuh yang mungkin perlu diperbaiki.

Mark Berman yang menemukan stem cell dari lemak ini mengatakana bahwa saat lahir, seseorang memiliki sekira 80 juta stem cell. Namun, ketika berumur 40 tahun stem cell itu berkurang menjadi sekira 35 juta.

Ini yang menyebabkan kulit lama untuk beregenerasi danproduksi kolagen juga semakin menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi kusam dan berkerut. Rambut rontok, otot mengecil, dan mulai timbul berbagai penyakit degeneratif, seperti diabetes, jantung, hipertensi, dan stroke.

Proses Homing

Prasna Pramitha, dokter spesialis penyakit kulit yang bertanggung jawab dalam  terapi stem cell di Ultimo Clinic Aestetic & Dental Center Jakarta, menuturkan stem cell atau yang dikenal juga dengan sel punca, merupakan sel induk yang berpotensi berkembang menjadi beberapa sel tubuh yang berbeda, seperti sel otak, otot, hati, maupun sel darah.

Menurut dia, stem cell yang paling banyak digunakan berasal dari sel dewasa, terutama dari lemak karena sudah matang. Lemak diambil dari beberapa bagian tubuh seperti dari perut atau pinggang. Lemak akan dipisahkan dari stem cell-nya. Kemudian sel punca ini dimasukkan kembali ke dalam tubuh melalui intervena.

“Saat disuntikkan ke tubuh, stem cell itu akan mencari daerah yang mengalami perbaikan melalui proses homing. Setelah itu, stem cell akan menjalankan fungsinya memperbaiki jaringan yang rusak sehingga membaik kembali," katanya.

Dia mengatakan teknologi stem cell ini sudah banyak dilakukan di negara-negara maju, seperti Jerman, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat.

“Stem cell ini berperan penting pada produksi sel darah merah, pergantian kulit secara berkala dan proses penyembuhan akibat peradangan maupun cedera,” katanya.

Pramitha mengatakan Ultimo bekerjasama dengan Cell Surgical Network di Amerika Serikat dalam mengembangkan terapi stem cell di Indonesia. 





Kecantikan 7396805415913720183

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email