1657408484514812
Loading...

Lapar Bisa jadi Penyebab Pasangan Mudah Marah dan Sensitif


Pernahkan Anda merasa pasangan Anda begitu sensitif dan mudah marah tanpa alasan yang jelas? Bukan kemarahannya yang perlu menjadi perhatian Anda, tetapi apa yang menjadi penyebabnya yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Sebuah studi mengatakan bahwa perasaan sensitif dan mudah marah bisa jadi karena pasangan Anda merasa lapar.


Untuk membuktikan hal ini tim peneliti dari Ohio State University sengaja merekrut 107 pasangan menikah untuk berpartisipasi dalam studi ini. Masing-masing dari mereka kemudian diukur kadar glukosa atau gula darahnya setiap pagi dan malam selama 21 hari.

Setiap pasangan dibekali dengan boneka dan 51 jarum pentul. Jika sewaktu-waktu amarah kepada pasangan itu datang, mereka diminta menusukkan jarum pentul ke boneka tersebut sebagai bentuk ekspresi kemarahan mereka.

Di akhir studi atau hari ke-21, peneliti meminta seluruh pasangan datang ke lab untuk menjalani tes lain. Tiap pasangan diminta berkompetisi dalam sebuah game virtual. Pemenangnya diperbolehkan menekan tombol yang akan menghasilkan suara keras nan bising yang terdengar di headphone pasangannya.                                
Dari studi ini peneliti mengukur seberapa lama dan intens teriakan yang dihasilkan dan kemudian membandingkan dengan agresivitas kadar gula darah partisipan.
Ternyata partisipan dengan kadar gula darah paling rendah terlihat menancapkan jarum pentul terbanyak ke boneka voodoo, begitu juga sebaliknya. Hal ini juga terlihat dari intensitas suara bising yang ditekan partisipan saat bermain game virtual melawan pasangannya.

Rendahnya gula darah seseorang terjadi pada saat orang tersebut merasa lapar, baik saat diet atau berpuasa. Ini adalah kondisi yang wajar. Kadar gula darah yang rendah biasanya terjadi karena seseorang melaksanakan diet, berpuasa, atau lapar.

Brad Bushman selaku profesor ilmu komunikasi dan psikologi dari Ohio State University mengatakan, gula atau glukosa digunakan oleh otak untuk membantu mengatur self-control. Tanpa ‘bahan bakar’ ini, tentu saja orang-orang kesulitan untuk mengendalikan emosi seperti amarah dan agresi.
“Itulah alasan mengapa orang yang lapar lebih mudah marah dan tersinggung” terang Brad. Well, sebaiknya Anda tidak berduaan dalam keadaan lapar.



Love 4138705445050022059

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email