1657408484514812
Loading...

Mengenal 5 Jenis Madu yang Biasa di Konsumsi Manusia



Madu adalah bahan makanan yang berpotensi sebagai basa. Unsur-unsur yang bersifat basa adalah kalium, natrium, kalsium, magnesium.

Sedangkan yang bersifat asam adalah sulfur, fosfor, dan klor. Ketidakseimbangan asam-basa akan menyebabkan gangguan fisiologis yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk menjaga keseimbangan asambasa di dalam tubuh, kita perlu mengkonsumsi madu secara teratur.

Berikut Jenis-Jenis Madu dan Kelebihannya:

Madu floral

Madu floral adalah madu yang dihasilkan dari nektar bunga. Bila nektar bunga berasal dari beraneka ragam bunga, madu yang dihasilkan disebut madu polyfloral.

Honeydew Honey atau Madu Embun

Madu yang dihasilkan dari cairan hasil sekresi serangga hemipterous yang meletakkan gulanya pada bagian-bagian tanaman disebut madu embun.

Madu Tiruan

Semua madu yang dihasilkan dari makanan yang diolah tanpa lebah disebut madu tiruan. Madu tiruan dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap madu lebah, walaupun namanya madu tiruan, kandungan gizinya cukup baik dan menyehatkan.                                                                                  
Madu tiruan dibuat dengan cara menggiling buah, menyaringnya lalu memekatkan sari buahnya dengan pemanasan dan mengemasnya.

Royal Jelly (Sari Madu)

Royal jeli merupakan hasil dari sekresi kelenjar lebah pekerja yang berisi protein, lemak, gula, garam mineral, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin H, dan vitamin E. Sari madu atau royal jelly mengandung hormon gonadotropin yang dapat menstimulasi organ reproduksi lebah ratu dan mempercepat matangnya telur.
Sari madu juga mengandung suatu zat antibiotik yaitu germisidin yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan mikroorganisme. Warna royal jelly putih seperti susu.

Bee Pollen

Tepung sari yang berasal dari berbagai jenis bunga yang dikumpulkan oleh lebah dan disimpan di dalam sarang sebagai bahan baku untuk pembuatan madu disebut bee pollen. Dengan berbagai teknik, serbuk sari tersebut dapat dipanen sebelum lebah mengolahnya menjadi madu.





Kesehatan 4902613008554451057

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email