1657408484514812
Loading...

3 Sebab Kenapa Surat Lamaran Kerja Belum Ada Jawaban


Anda sudah mengirimkan sejumlah surat lamaran ke beberapa perusahaan. Namun setelah menunggu beberapa minggu, Anda belum juga mendapatkan respons. Jangan berkecil hati dulu, karena ada beberapa alasan yang menyebabkan surat lamaran Anda tak direspons oleh perusahaan.


3 Sebab Kenapa Surat Lamaran Kerja Belum Ada Jawaban

Banyak yang ikut melamar

Jika Anda melamar pekerjaan setelah melihat iklan lowongan di media, maka siap-siap untuk berkompetisi. Biasanya akan banyak orang yang juga melamar pekerjaan tersebut seperti Anda.
Dengan banyaknya surat lamaran yang masuk, biasanya perusahaan menggunakan proses pemilahan secara otomatis atau bisa juga mereka hanya mengambil beberapa surat lamaran yang tampak menonjol.
Cara mengatasi masalah ini, cobalah melakukan follow up daripada duduk diam dan menunggu. Tanya ke pihak HRD apakah surat lamaran Anda sudah sampai, apakah lowongan pekerjaan itu masih tersedia, dan apakah Anda perlu mengirimkan ulang surat lamaran Anda.

Kemungkinan tidak cocok

Ada pula kemungkinan bahwa perusahaan merasa Anda tidak cocok untuk pekerjaan tersebut, karena itulah mereka tidak merespons surat lamaran Anda.                                                                                
Jika ini yang terjadi, maka jangan putus asa. Anda bisa tetap mencari peluang di perusahaan lain. Coba juga cara lain selain mengirimkan surat lamaran, yaitu dengan networking.
Dengan melakukan networking, Anda akan lebih memahami seluk-beluk bidang pekerjaan dan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Anda pun bisa mempersiapkan diri untuk bisa menjadi orang yang diharapkan perusahaan.

Perekrut fokus pada kliennya lebih dulu

Meski kandidat dengan keahlian sangat penting bagi perekrut, perusahaan yang merupakan klien mereka akan menjadi fokus utama.
Jika Anda mengirimkan surat lamaran pada headhunter atau agensi rekrutmen, maka mereka akan melihat kandidat yang sangat spesifik sesuai dengan permintaan klien.
Bukan berarti keahlian Anda tidak ada artinya, tapi mungkin tidak cukup sesuai dengan permintaan perusahaan.
Namun tak ada salahnya untuk tetap menjalin hubungan dengan perusahaan rekrutmen, sehingga mereka bisa langsung mengingat Anda begitu ada lowongan pekerjaan yang sesuai.





Karir 2974501999701970027

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email