1657408484514812
Loading...

4 Tips Cara Resign (Mengundurkan Diri) dari Perusahaan Secara Baik-baik


Saat Anda merasa tidak betah dengan pekerjaan saat ini dan ingin resign atau mengundurkan diri, jangan lantas membuat kesan buruk saat Anda keluar dari perusahaan.


Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah meninggalkan kesan baik, meski Anda sudah mengundurkan diri. Berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Bicara dengan manajer

Sebelum Anda bercerita dengan rekan kerja, lebih baik bicarakan hal itu terlebih dulu dengan manajer atau atasan Anda. Utarakan keinginan Anda mengundurkan diri beserta dengan alasannya. Ada kemungkinan manajer akan berusaha mempertahankan Anda, karena itulah Anda juga harus bisa memantapkan keinginan sebelum akhirnya memutuskan untuk resign.

2. Jangan menjelek-jelekkan

Meski Anda memiliki pengalaman buruk di perusahaan, jangan menjelek-jelekkannya. Saat ditanya oleh manajer tentang alasan Anda resign, pilihlah kalimat dan bahasa yang halus namun tetap sampaikan apa yang Anda rasakan.                  
Misalnya, ketika Anda merasa ada masalah dengan rekan kerja, katakan saja bahwa Anda kesulitan bekerja sama dengan tim saat ini sehingg bisa menghambat produktivitas.

3. Ikuti aturan

Anda tentunya sudah tahu aturan perusahaan saat ada karyawan yang akan mengundurkan diri. Biasanya perusahaan mewajibkan karyawannya untuk menyerahkan surat pengunduran diri 1-2 bulan sebelumnya. Jangan kemudian Anda meminta resign sekarang dan langsung keluar tanpa ikut aturan. Hal ini bisa berakibat buruk bagi reputasi Anda dan nantinya perusahaan pun tak akan memberikan surat rekomendasi untuk Anda.

4. Selesaikan tanggung jawab

Hal yang juga tak kalah pentingnya adalah menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan Anda sebelum mengundurkan diri. Ini dia mengapa Anda harus memberikan waktu 1-2 bulan sebelum benar-benar keluar. Gunakan waktu ini untuk menyelesaikan proyek dan tugas-tugas Anda, sekaligus mendelegasikan tugas harian Anda pada rekan kerja yang lain.





Karir 27962943064085376

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email