1657408484514812
Loading...

8 Langkah Cara Memerah ASI (Air Susu Ibu) dengan Tangan Tanpa Pompa


Bagi ibu yang bekerja, memerah ASI adalah hal penting yang harus dilakukan supaya si kecil bisa tetap menyusu karena ASI merupakan asupan yang terbaik bagi bayi.


Setidaknya ada 400 nutrisi khusus pada ASI yang diperlukan oleh bayi untuk otaknya supaya tumbuh secara optimal. Karena hal itulah ASI sangat dianjurkan untuk diberikan kepada bayi. Minimal selama 6 bulan pertama setelah ia lahir.

Namun, terkadang pemberian ASI bagi ibu yang bekerja menjadi salah satu kendala bagi para ibu. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memerah ASI. Selain dapat mempertahankan prosuksi ASI, Anda juga dapat terhindar dari payudara bengkak dan nyeri, karena produksi ASI yang berlimpah. Berikut beberapa panduan tentang cara memerah ASI yang menggunakan tangan.

1. Duduk nyaman dengan posisi punggung sejajar.

2. Sebelum mulai memerah, bersihkanlah terlebih dahulu puting Anda.

3. Setelah semua sudah siap, barulah Anda mulai untuk memerah ASI, dimulai dengan merangsang puting agar refleks hormon prolaktin dan oksitosin timbul.

4. Letakkan ibu jari di atas puting sementara jari telunjuk dan jari tengah berada di bawah puting.

5. Mulai mendorong payudara Anda ke arah dada dengan cara seperti memijat.

6. Jika Anda melakukan dengan cara yang benar, sudah dipastikan Anda tidak akan merasakan sakit. Anda dapat melakukan hal tersebut beberapa kali hingga ASI Anda keluar. Dan penting diingat, yakinkan ASI Bunda tidak mengalir melalui jari telunjuk Bunda, sehingga ASI tidak terbuang.

7. Ketika ASI mengalir lambat, gerakkan jari anda di sekitar areola dan berpindah-pindah tempat, kemudian mulai memerah lagi sampai ASI yang tersimpan menjadi kosong.

8. Ulangi prosedur ini sampai payudara menjadi lembek dan anda merasa telah mengosongkan payudara sebanyak yang anda bisa.


Artikel di review oleh dr. Margareta Amelia dari meetdoctor.com, semoga bermanfaat.





Bayi 7228153550974557642

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email