1657408484514812
Loading...

Cara Mengatasi Insomnia dengan Rutin Minum Jus Cherry


Sebuah laporan studi terbaru menunjukkan bahwa rutin meminum jus buah cherry setiap pagi dan petang dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari, dan mengobati insomnia.
Para peneliti dari Universitas Negara Bagian Louisiana, Amerika Serikat (AS), seperti dikutip Dailymail, menemukan fakta bahwa dengan rutin meminum jus cherry dua kali sehari dalam waktu dua minggu, menciptakan peningkatan lama tidur hingga 90 menit bagi orang dewasa yang menderita insomnia.


Insomnia sendiri merupakan gejala gangguan tidur yang banyak menyerang orang dewasa, dan cukup intens menyerang kaum lansia. Gejala ini biasanya ditandai dengan sulit tidur yang terjadi rata-rata lebih dari tiga minggu setiap minggunya.

Insomnia juga umumnya berkaitan erat dengan peningkatan intensitas rasa nyeri pada tubuh, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penurunan fungsi otak atau demensia.

“Penggunaan pil tidur bisa jadi memang merupakan opsi terbaik bagi penderita insomnia berusia muda, namun bagi kaum lansia, hal tersebut justru dapat berakibat fatal, seperti kian kronisnya nyeri pinggang, bahkan dapat menimbulkan kematian dini,” ujar Frank L. Greenway, penulis hasil studi tersebut.                  
Adapun mengenai keunggulan jus cherry, studi tersebut menggunakan cherry jenis Montmerry tart yang terkenal kaya akan kandungan melatonin, hormon yang berjasa meningkatkan rasa nyenyak saat tidur dalam penelitiannya.

Disebutkan bahwa para responden yang diteliti diberikan jus cherry, lalu diminta untuk meminumnya secara rutin setiap dua hari dalam jangka waktu dua minggu. Di akhir penelitian, ditemukan bahwa responden yang rutin meminum jus cherry mengalami peningkatan lama dan kualitas tidur selama kurang lebih 84 menit di malam hari, sama halnya dengan efek yang dihasilkan dari zat kimia pada pil placebo atau pil tidur.

Selain melatonin, studi tersebut juga meyakini bahwa ada komposisi lain dalam buah cherry yang membantu meningkatkan rasa nyenyak saat tidur, yakni zat pigmen merah pada kulit merah cherry yang dikenal dengan nama proanthocyanidin.

Zat tersebut merupakan bagian dari polipenolik (zat penenang) yang membantu tingkatkan produksi tritopan,yakni asam amino esensial di dalam tubuh, di mana berfungsi menghadirkan kualitas tidur yang lebih baik.



Tidur 4864711465855747654

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email