1657408484514812
Loading...

Normalkah Punya Payudara Besar Tapi Ukuran Puting Kecil?


Kebanyakan orang mungkin mengira bila payudara seorang wanita terlihat besar maka hal serupa juga akan berlaku pada putingnya. Namun faktanya, kadang ada wanita yang memiliki payudara besar tetapi putingnya justru kecil atau sebaliknya. Mengapa bisa begitu?


"Bentuk dan warna puting-aerola, lingkaran warna di sekitar puting, dipengaruhi genetik, keturunan, warna kulit atau ras, proses kehamilan dan menyusui serta perubahan ukuran payudara, berat badan, hormon," tandas Beta Subakti Nata'atmaja., M.D. ketika dihubungi Rabu (21/5/2014).

Hal ini berarti wajar-wajar saja bila ada wanita yang memiliki payudara besar namun putingnya kecil, atau sebaliknya. Kondisi demikian juga dikatakan tidak mempengaruhi fungsi payudara, misal terkait dengan kegiatan menyusui.                                                  
"Untuk ukuran puting dan aerola dapat diperkecil dengan prosedur operasi," imbuh dr Beta.

Hanya saja staf pengajar prodi Bedah Plastik, Rekonstruksi dan Estetik, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tersebut juga menyampaikan bahwasanya prosedur ini mempunyai komplikasi tersendiri.

"Komplikasi pengecilan puting memang akan ada resiko menggangu proses menyusui, karena dilakukan di daerah sekitar saluran keluar kelenjar air susu," tegasnya.

Akan tetapi lain halnya bila yang dikecilkan adalah areolanya. dr Beta mengatakan prosedur ini tidak berdampak terhadap aktivitas menyusui anak karena letak areola yang jauh dari saluran air susu.

Yang jelas, dr Lisa Hasibuan, SpBP(K), dokter spesialis bedah plastik dari RS Hasan Sadikin Bandung mengungkapkan, rata-rata wanita memiliki ukuran payudara sebesar 250-350 cc. Namun normal tidaknya bergantung pada proporsi tubuh masing-masing wanita.



Payudara 3500300107345318636

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email