1657408484514812
Loading...

4 Tips Berbagi Tugas kepada Suami untuk Mengurus Anak


Tidak sedikit anak yang merasa lebih dekat dengan sang ibu daripada ayahnya. Padahal peranan ayah sangat penting ketika si kecil masih dalam masa pertumbuhan.


Oleh karena itu perlu adanya pembagian tugas seimbang mengenai pengurusan anak dengan suami. Berikut cara tepat berbagi tugas dengan suami yang disarankan psikolog demi perkembangan anak kedepannya.

1. Menyediakan Kebutuhan Anak

Sudah sewajarnya bila seorang ibu memanjakan anak mereka. Seorang ibu tentu memiliki kewajiban untuk mempersiapkan sarapan anak, menyediakan kebutuhan sekolah, dan menemani buah hati tercinta melakukan aktivitasnya sehari-hari. Hal itu karena wanita memiliki sisi kelembutan yang lebih dominan daripada pria.

2. Melakukan Aktivitas Fisik

Menurut Psikolog Anna Surti Ariani, Psi, tugas ayah dalam mengurus anak salah satunya mengajak si kecil melakukan aktivitas fisik, seperti mengajak bermain di taman, berolahraga dan melakukan piknik bersama. Berbeda dengan ibu yang biasanya cenderung mengajak anak melakukan aktivitas santai seperti bernyayi bersama atau mewarnai.                  
Kedua aktivitas yang seimbang bisa mempengaruhi kedekatan anak dengan orangtuanya.

3. Ajarkan Sikap Tegas

Sebagai seorang bapak rumah tangga, suami harus bisa mengajarkan sikap tegas kepada anak-anaknya. Hal ini akan mempengaruhi sikapnya ketika dewasa nanti terutama bila buah hati tercinta seorang laki-laki.

"Ibu kan sering kalau anaknya manja lalu ibu mengalah sedangkan bapak biasanya akan lebih tegas dalam bertindak dan bersikap," ujar Psikolog Anna Surti Ariani, Psi saat wawancara bersama Wolipop di Universitas Indonesia, pada Senin (14/04/2014).

4. Ajak Anak Bermain di Akhir Pekan

Nina menyarankan untuk mengajak anak bermain ketika akhir pekan. Saat hari libur, tidak hanya ibu yang harus selalu mengajak anak bermain seharian tapi juga ayah.

"Usahakan agar ayah ikut saat Anda bersama anak-anak. Pembagian pola asuh seperti ini, bisa menjadi salah satu cara yang tepat agar anak merasa bahwa kedua orangtuanya memang benar-benar memiliki waktu bersama mereka," tandas Nina.





Parenting 994598623616735878

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email