1657408484514812
Loading...

5 Macam Susu Alternatif Pengganti Susu Sapi untuk Anak


Tak jarang bayi dan anak-anak mengalami intoleransi laktosa saat minum susu sapi. Orangtua pun harus sigap menggantikan susu alternatif yang berasal dari tumbuhan dan mempunyai manfaat tak jauh berbeda.


Ingat, intoleransi laktosa berbeda dari alergi susu. Hal ini disebabkan ketika tubuh seseorang kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa. Gejala umum termasuk kembung, sakit perut, perut kembung, dan diare.

Nah, berikut ini lima jenis susu pengganti yang bisa diberikan kepada anak-anak seperti dikutip Healthmeup, Jumat (27/2/2015).

Susu kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif yang paling populer untuk menggantikan susu sapi. Susu kedelai dibuat dari ekstrak kacang kedelai yang biasanya diberi perisa cokelat atau vanila. Secara alami susu kedelai bebas lemak. Susu kedelai dikemas dengan protein kedelai, yang mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan tingkat kolesterol HDL (kolesterol baik). Susu kedelai diperkaya dengan kalsium, vitamin A dan D, riboflavin dan kalsium.

Susu beras

Susu beras terbuat dari sari beras atau tepung beras yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi dan rendah protein. Susu beras cukup berair sehingga tidak dianjurkan untuk membuat kue.              
Coconut milk, alias santan

Santan mungkin menjadi alternatif yang paling dekat dengan susu sapi karena memiliki tekstur dan warna yang serupa. Dalam satu cangkir santan mengandung cukup tinggi lemak, dengan sekitar 5 gram lemak jenuh. Bukan hanya itu, satu porsi susu kelapa mengandung 80 kalori, 1 gram protein dan 100 mg kalsium. Santan adalah pilihan yang baik bagi orang-orang yang tidak toleran laktosa atau mereka yang memiliki beberapa alergi makanan.

Susu almond

Susu almond mengandung rendah protein dibandingkan susu kedelai. Susu almond memiliki sejumlah besar vitamin E, yang memiliki sifat antioksidan yang membantu mencegah kanker dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Susu almond bebas kolesterol dan lemak jenuh. Bukan hanya itu, susu almond juga memiliki kandungan sodium dan tinggi asam lemak omega yang membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Susu rami

Susu rami juga merupakan alternatif yang baik bagi orang-orang yang alergi terhadap kedelai, kacang-kacangan dan gluten. Susu rami dapat dibuat di rumah dari biji rami dikupas, air dan pemanis seperti sirup maple.





Bayi dan Anak 6667496542969794288

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email