1657408484514812
Loading...

Konsumsi Serat, Cara Mudah Turunkan Berat Badan dan Kadar Kolesterol


Pola makan yang sehat, terutama bagi yang sedang menurunkan berat badan, memang seolah rumit dan banyak pantangan. Tak jarang, meski sudah diet ketat namun berat badan yang menjadi target tak juga tercapai. Mungkin Anda lupa memasukkan makanan ini dalam diet.


Serat adalah bahan makanan yang dianggap sangat penting untuk membantu kita menurunkan berat badan dan juga lebih sehat. Kesimpulan ini disampaikan tim peneliti dari University of Massachusetts Medical School.

Beberapa penelitian sebelumnya jgua menyebutkan, serat bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama, makan lebih sedikit, dan memperbaiki beberapa penanda metabolik seperti tekanan darah, level kolesterol, dan gula darah.

Studi terbaru ini dilakukan terhadap 240 orang yang menunjukkan gejala prediabetes. Responden secara acak diminta menjalani diet yang direkomendasikan oleh Asosiasi Jantung Amerika (AHA) bagi orang yang beresiko tinggi diabetes atau memperbanyak serat dalam pola makannya.                                                                                                              
Diet AHA lebih fokus pada mengurangi asupan kalori harian untuk menurunkan berat badan dan mereka juga harus membatasi asupan lemak jenuh. Cukup rumit bagi orang yang malas menghitung setiap asupan kalori.

Sementara itu kelompok diet serat hanya diminta lebih banyak mengasup makanan kaya serat seperti buah, sayuran, dan serelia utuh, setidaknya 30 gram setiap hari.

Setelah setahun, kedua kelompok responden ini mengalami penurunan berat badan yang sama. Yang mengejutkan, para responden juga mengalami penurunan kadar kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan inflamasi.

"Ternyata hanya dengan mengubah satu hal, responden di kelompok diet serat bisa meningkatkan kualitas pola makannya, turun berat badan, serta lebih sehat," kata Dr.Yunsheng Ma, salah satu peneliti.

Jadi, mulailah mengonsumsi serat.





Berat Badan 7857098332530983358

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email