1657408484514812
Loading...

Kapak Batu asal Sentani Jayapura Diburu untuk Cincin Akik


Tren batu akik tampaknya mulai membahayakan eksistensi kapak batu asal Sentani, Jayapura, Papua. Sebagai benda budaya, kapak batu lazim digunakan warga sentani sebagai alat tukar dan mas kawin.


Warga yang keranjingan batu akik mulai menjadikan benda budaya tersebut sebagai sasaran pembuatan batu akik. Suroto mengatakan, kapak batu yang merupakan benda cagar budaya itu belakangan ini dipotong kecil-kecil untuk kemudian dijual sebagai bahan membuat batu akik.

"Pemotongan kapak batu menjadi batu akik marak terjadi di Sentani," kata staf peneliti Balai Arkeologi Jayapura, Hari Suroto kepada wartawan di Jayapura, Papua, Selasa (14/4).

Penjualan batu akik dari potongan kapak batu itu dapat terlihat di jalan masuk ke arah Bandara Sentani, maupun di sentra-sentra penjualan batu akik yang ada di Jayapura. Menurut Suroto, kapak batu merupakan peninggalan nenek moyang yang banyak dimiliki warga Sentani, hingga kini masih dipergunakan sebagai mas kawin dalam acara adat.

"Hal ini jika dibiarkan terus menerus, maka dikhawatirkan kapak batu akan punah. Kapak batu terbuat dari batu yang berasal dari Gunung Cyclops berwarna hijau, jenis batu ini banyak diminati oleh konsumen batu akik," katanya.





Batu Akik 4359959052937723723

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email