1657408484514812
Loading...

7 Tips Cara Biar Badan Segar Saat Bangun Tidur untuk Sahur


Bangun tidur saat sahur cuma membutuhkan niat yang kuat bagi sebagian orang. Sayangnya ini tidak berlaku buat sebagian orang yang lain. Ada yang masih membutuhkan dorongan lain yang kuat untuk bisa tetap terjaga di waktu dini hari.

Seperti disarikan dari laman dailymind, berikut tujuh cara agar bisa bangun tidur dengan perasaan lebih segar dan nyaman.

1. Langsung minum segelas air. 
Minum segelas air saat perut masih kosong diakui punya manfaat kesehatan. Selain itu rasa segar yang menjalar dari kerongkongan ke perut akan membuat Anda lebih muda terjaga. Ada baiknya sebelum tidur siapkan segelas air di samping tempat tidur Anda, agar ketika terbangun tak ada alasan enggan karena harus berjalan dulu ke ruang makan untuk mengambilnya.

2. Olah raga ringan 
Berlari kecil atau sekadar melakukan peregangan akan sangat cepat membuat Anda kembali terjaga. Faktanya melakukan olah raga ringan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas lain akan membuat tubuh jadi lebih siap dan segar untuk menjalani hari itu dibanding jika Anda mendahulukan kegiatan lain, dan menjadikan olah raga sebagai kegiatan di sore hingga malam hari.

3. Jangan minum kopi, tiap hari 
Berbagai penelitian ilmiah membuktikan tubuh kita menjadi terlalu terbiasa dengan kafein yang terkandun dalam kopi jika kita terlalu sering mengonsumsinya. Akibatnya kita juga jadi tidak lagi peka akan reaksinya. Artinya kopi yang Anda minum setiap hari, semakin hari semakin kehilangan khasiatnya untuk ‘membangunkan’ tubuh Anda. Jadi ada baiknya Anda minum kopi hanya jika Anda merasa sangat membutuhkannya. Tanpa halangan apapun, jika masih merasa mengantuk sebaiknya Anda memilih untuk tidur barang sejenak.

4. Tarik nafas dalam 
Satu hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk bangun dengan tubuh lebih segar adalah menarik nafas dalam-dalam ketika kesadaran sudah mulai muncul. Tarik nafas dari perut dan berkonsentrasilah untuk bangun. Bayangkan sebuah sinar putih yang terang yang akan bisa membuat tubuh Anda merasa ringan dan bahagia.

5. Pikirkan sesuatu hal yang menyenangkan. 
Jika Anda terbangun langsung membayangkan harus berangkat ke tempat kerja yang tidak Anda sukai, menemui bos yang membuat Anda senewen, bisa dipastikan Anda tak akan bangun tidur dengan bahagia. Maka cobalah memikirkan sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikan yang bakal Anda lakukan di hari itu. Misalnya rencana bertemu dengan teman-teman sepulang kantor.

6. Bangun saja langsung 
Seorang bijak mengatakan bahwa cara terbaik untuk bisa bangun pagi dengan semangat adalah dengan melakukannya saja langsung. Tanpa alasan khusus, bahkan tanpa sempat memuji diri sendiri bahwa Anda telah berhasil bangun pagi dengan semangat tinggi.

7. Bersyukur bahwa Anda masih diberi hidup. 
Ada yang mengatakan bahwa cara lain untuk lebih bersemangat saat bangun pagi adalah dengan bersyukur bahwa hari itu kita masih diberi kesempatan untuk hidup. Jangan memandang hari yang bakal Anda jalani sebagai beban, tapi memandangnya sebagai anugerah sehingga Anda bisa berencana untuk melakukan sesuatu yang bermakna dan bermanfaat di hari itu.






Puasa Ramadhan 1270241637341285965
Beranda item

Terkini

Follow by Email