1657408484514812
Loading...

8 Tips Diet Turunkan Berat Badan Selagi Puasa Ramadhan


Ramadan adalah waktu di mana perut dan organ tubuh lainnya seperti ginjal dan hati mendapatkan waktu istirahat. Dengan beristirahat, organ ini mendetoksifikasi dan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Selain manfaat kesehatan, momen Ramadan juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Satu hal yang harus diingat untuk menurunkan berat badan selama puasa adalah Anda tak boleh makan berlebihan ketika waktunya berbuka.

Jika ingin memaksimalkan proses diet menurunkan berat badan dengan sehat selama puasa berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Jangan konsumsi gula berlebihan saat berbuka

Ketika buka puasa, makanan yang paling banyak disukai adalah makanan yang manis. Namun sadarilah, konsumsi makanan manis akan membuat Anda justru ingin makan lebih banyak. Ujung-ujungnya, jumlah kalori dan makanan yang masuk ke dalam mulut jadi lebih banyak. Sebaiknya ganti keinginan untuk menyantap makanan manis ini dengan buah, kurma, cokelat hitam dan lainnya.

2. Tambahkan serat dalam makanan Anda

Konsumsilah oat, roti gandum, buah dan sayuran yang banyak mengandung serat. Makanan ini cocok disantap saat sahur dan berbuka. Kandungan seratnya yang tinggi akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan. Serat di dalamnya juga sangat baik untuk jantung dan saluran pencernaan.

3. Hindari makanan berminyak

Selama bulan Ramadan, makanan berminyak, termasuk gorengan adalah camilan yang mendadak banyak dicari orang. Cita rasanya yang gurih dan renyah menjadi pemuas rasa lapar banyak orang. Namun Anda harus mengontrol semua keinginan ini. Ingat konsumsi makanan berminyak akan membuat kolesterol Anda naik.

4. Jangan lupa makan saat berbuka

Saat berbuka puasa, hindari makan semua makanan sekaligus. Konsumsilah kurma, dan buah-buahan terlebih dulu kemudian dua gelas air putih. Kemudian biarkan otak mengirim sinyal kenyang ke tubuh. Jika masih lapar, beberapa jam kemudian, santaplah makan malam Anda.

5. Makanlah lebih banyak saat sahur dibanding buka

Ada baiknya untuk makan lebih banyak saat sahur dibanding buka. Sekalipun Anda merasa tak nafsu makan. Ini akan mencegah gula darah Anda melonjak tinggi dan menumpuk lemak saat berbuka puasa.

6. Minum banyak air

Selama bulan puasa, air putih akan membantu menghilangkan berbagai racun dalam tubuh. Dengan konsumsi air putih akan lebih efektif untuk menghilangkan racun. Minum setidaknya 5-6 gelas air saat sahur dan buka.

7. Olahraga

Berolahraga saat puasa memang tantangan yang berat. Namun ini tak berarti kalau Anda tak bisa berolahraga. Untuk menyiasatinya, Anda bisa melakukan olahraga yang lebih ringan setelah sahur.






Puasa Ramadhan 1179302098982105879
Beranda item

Terkini

Follow by Email