1657408484514812
Loading...

Ramai Ucapan Belasungkawa atas Insiden Pesawat Jatuh type Hercules Milik TNI AU


Pesawat jatuh setelah dua menit lepas landas. Sejumlah foto yang menggambarkan bagaimana kondisi di sekitar lokasi kejadian langsung lalu-lalang di linimasa media sosial, seperti Twitter.

Di antaranya seperti yang diunggah akun media massa Tribun Timur dengan akun @tribuntimur yang menulis, ”PESAWAT Militer Hercules Milik TNI AU Jatuh di Medan dan Menimpa Pemukiman Warga”.

Sejumlah pengguna Twitter mengunggah komentar yang mengingatkan kembali atas peristiwa jatuhnya pesawat maskapai penerbangan komersial Mandala Airlines pada 2005 di lokasi sekitar jatuhnya Hercules. Ini seperti dilakukan pengguna akun @kakapampam yang menulis, ”Pesawat Hercules jatuh sama seperti mandala dulu jatuh di tempat yang sama di medan”.

Sementara itu lonjakan penggunaan frasa ”Hercules jatuh” terjadi di linimasa Twitter. Layanan aplikasi Topsy mencatat dalam satu jam terakhir, sejak sebelum pukul 12.52, terdapat 2.495 kali frasa itu dipergunakan dan akan terus berkembang.

Pesawat mulai lepas landas dari landasan pacu 23 Suwondo pada pukul 11.48. Kemudian, saat akan ditransfer ke Medan APP, pilot meminta untuk kembali ke pangkalan (return to base/RTB). Pesawat berbelok ke kanan dan jatuh sebelum kontak dengan Medan APP.

Kantor Berita Antara melaporkan, pesawat Hercules jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, di sebuah kompleks perumahan yang sedang dalam pembangunan, di Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan.

Pesawat yang jatuh itu menimbulkan api yang membakar ekor pesawat dan sebagian rumah yang sedang dibangun.

Menurut Edo, petugas Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Kota Medan, pihaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk memadamkan api kebakaran tersebut.

Di lokasi kejadian terlihat sejumlah prajurit TNI mengevakuasi beberapa bagian pesawat yang terbakar.

Sekitar pukul 13.00, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho, Kepala Polda Sumut Inspektur Jenderal Eko Hadi Sutedjo, dan Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan Brigadir Jenderal Cucu Sumantri terlihat berada di lokasi kejadian.

Belum diketahui jumlah korban tewas dalam peristiwa itu. Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumut terlihat bermusyawarah di salah satu bangunan yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi.

Ucapan belasungkawa meramaikan linimasa Twitter menyusul jatuhnya pesawat angkut militer Hercules C-130 yang dioperasikan TNI AU itu. Ini menyusul telah dipastikannya keberadaan sejumlah korban jiwa yang segera dievakuasi pada Selasa siang setelah pesawat jatuh.

Ucapan belasungkawa itu diunggah dengan disertai harapan agar tidak ditemukan lagi korban jiwa tambahan dalam peristiwa itu. Sebagian komentar juga berisikan tumpahan harapan agar para korban diberikan tempat yang layak oleh Allah SWT.

Misalnya seperti dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan akun @lukmansaifuddin saat ia menulis, ”Turut berduka dg jatuhnya pesawat Hercules TNI-AU di Medan. Semoga Allah tempatkan para korban di tempat yg se-baik2nya..”.

Hal serupa disampaikan Hatta Rajasa dengan akun ‏@hattarajasa saat ia menulis, ”Innalillahi wainnaillaihi rojiuun, kita berduka atas jatuhnya pesawat Hercules TNI di Medan, Prajurit TNI melakukan tugas mulia demi Bangsanya”.





Berita Nasional 1355769445240456006
Beranda item

Terkini

Follow by Email