1657408484514812
Loading...

Amerika Resmi Legalkan Pernikahan Sejenis (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender)


Keputusan mengejutkan diambil Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS). Dengan memenangkan gugatan dari Jim Obergefell, Negeri Paman Sam akhirnya melegalkan pernikahan sejenis di seluruh negara bagiannya.

Obergefell merupakan pemimpin kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) AS, yang menyampaikan gugatan agar pernikahan sejenis bisa disahkan di AS. Tuntutannya tersebut dikabulkan oleh Hakim Anthony Kennedy.

Hakim itu mengabulkan gugatan dari Obergeffel setelah 5 dari 9 hakim anggota persidangan setuju mengasahkan permohonan legalisasi ini.

Kota-kota di Amerika Serikat (AS) merayakan sejarah pelegalan perkawinan sejenis oleh Mahkamah Agung AS. Lampu warna pelangi terlihat menghiasi sejumlah ikon-ikon kota di AS.

Air Terjun Niagara, puncak Empire State Building, Minneapolis Bridge, dan San Francisco City Hall jadi beberapa tempat yang berhias lampu aneka warna. Pelangi merupakan simbol internasional kalangan gay, lesbian dan transgender dan biseksual.

Netizen meramaikan Twitter dengan kicauan perayaan ini. "Luar biasa. Setelah San Francisco City Hall, mungkin 4 Juli nanti kita akan melihat kembang api warna pelangi," ujar @EnragedApostate seperti dikutip The Guardian, Sabtu (27/6).

Awan dengan semburat warna pelangi juga sempat terlihat di Los Angeles. "Semesta juga merayakan ini dengan awan pelangi," ungkap @karinkognito.

Peraturan perkawinan sejenis akhirnya disahkan Mahkamah Agung AS pada hari Jumat (26/6/2015) dan berlaku untuk seluruh negara bagian di AS.

Presiden Obama pun Ucapkan Selamat 

Walau terus diselimuti pro-kontra, setelah putusan dibacakan, Orang Nomor Satu di AS, Barack Obama mengeluarkan pernyataan resmi. Dia menyebut putusan ini adalah langkah maju bagi negara ini dalam hal persamaan hak.

"Semua warga AS, harus memiliki kesempatan yang sama di bawah hukum yang berlaku," ucap Obama.

"Putusan tersebut semakin memperkuat persamaan hak di AS di semua elemen masyarakat dan komunitas," papar pria yang menghabiskan masa kecilnya di Tanah Air ini.

Mendengar dukungan dan ucapan selamat dari Obama, Jim Obergefell merasa sangat terharu. Ucapan terima kasih bahkan ia haturkan langsung pada Obama.

"Saya sangat mengapresiasi ini bapak Presiden, Saya merasa sangat terhormat bisa ikut dalam perjuangan ini," ujarnya.

Dengan putusan ini, AS menjadi negara ke-21 yang mengesahkan pernikahan sesama jenis. Sebulan lalu, langkah kontroversial sama juga diambil oleh Republik Irlandia. 

:(





Pernikahan Sejenis 3785994945223927416
Beranda item

Terkini

Follow by Email