1657408484514812
Loading...

Daging Sapi Langka, Jokowi: "Stok kita sebenarnya cukup, ini ulah oknum"




Presiden Joko Widodo angkat bicara mengenai krisis daging sapi yang terjadi saat ini. Pemerintah akan menindak tegas oknum yang menjadi penyebab masyarakat semakin menderita di tengah pelemahan ekonomi Indonesia.

Jokowi meyakini, kelangkaan daging sapi ini sebenarnya tidak perlu terjadi, sebab pasokan daging dalam negeri mencukupi. Menurut Presiden, diduga ada oknum yang mendalangi permasalahan ini, dan oknum itu akan diburu pemerintah.

"Baru dicari (siapa pemainnya)," ujar Jokowi usai menghadiri pelantikan pengurus Partai Bulan Bintang (PBB), di Jakarta, Senin malam 10 Agustus 2015 seperti dilansir laman viva.co.id

Seperti diketahui, kelangkaan daging sapi yang terjadi saat ini akibat sebagian pedagang sapi di beberapa daerah mogok berjualan sejak Minggu 9 Agustus 2015. Para pedagang mengeluhkan harga daging sapi yang tidak kunjung turun, karena pasokan impornya dipangkas pemerintah.

Jokowi mementahkan anggapan tersebut. Menurut Presiden, saat ini persediaan daging nasional mencukupi, berkurangnya impor bukanlah alasan yang kuat untuk menahan harga.

"Sebetulnya kalau dilihat betul, stok itu ada, tapi tidak dikeluarkan, untuk apa sih? Supaya kita impor banyak," tutur Jokowi.


Ratusan Ton Daging Sapi Akan Digelontorkan ke Pasar
Impor sapi, menurut Presiden, bukanlah solusi untuk menekan harga. Terbukti, selama ini harga daging sapi di Indonesia masih tetap di atas negara-negara lain, meskipun impor dilakukan secara masif.

"Saya ingin bandingkan harga di negara lain, bisa Rp50 ribu per kilogram (kg), bisa Rp45 ribu nggak. Kenapa kita sudah impor, harganya masih tinggi, apa jalan keluarnya?," ujar Jokowi.

Jokowi berjanji, akan menuntaskan permasalahan ini hingga ke akarnya. Upaya ini agar polemik mengenai mahalnya harga daging sapi di Indonesia tidak akan menjadi masalah di masa depan.

"Saya nanti akan beli langsung, pemerintah akan beli langsung untuk membuktikan bahwa harga daging itu bisa lebih murah," ungkap Presiden.

Jokowi pun menyampaikan pesan bagi para oknum di balik kisruh daging sapi. Indonesia adalah negara hukum, ada sanksi yang akan diberikan kepada oknum yang bermain di atas penderitaan rakyat.

"Ada undang-undang pangan, hati-hati," tutur Jokowi.





Jokowi - JK 7048948493660418355
Beranda item

Terkini

Follow by Email