1657408484514812
Loading...

Harga Minyak Dunia Anjlok, Jokowi Belum Juga Turunkan Harga BBM


Anjloknya harga minyak dunia ke level terendah USD 42 per barel tak lantas membuat pemerintah Jokowi-JK menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said kembali menjelaskan alasan pemerintah tak menurunkan harga BBM. Jika ada selisih keuntungan dari harga jual saat ini, akan digunakan untuk membayar kerugian yang diderita PT Pertamina ketika harga minyak dunia tinggi.

Menteri Sudirman mengaku belum mengetahui total kerugian Pertamina ketika menjual harga BBM di bawah harga keekonomian.

(doc: Maret 2015, Jokowi Umumkan Kenaikan BBM)
"Kalau ada kelebihan selisih harga keekonomian dengan harga jual sekarang, maka pertama-pertama kita punya utang kepada Pertamina untuk dibayar, mereka pernah menjual harga BBM lebih rendah daripada harga keekonomian," kata Menteri ESDM Sudirman Said dalam diskusi 'Energi kita' yang digelar merdeka.com, RRI, IKN, IJTI dan Sewatama di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (30/8).

Selain membayar utang, kelebihan selisih ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur energi. Antara lain untuk membangun listrik di daerah terpencil, membangun storage atau penyimpanan BBM di daerah pelosok.

Menteri Sudirman Said mengakui saat ini ada selisih keuntungan dari harga jual BBM jenis Premium. Namun diakuinya belum dapat menutup kerugian yang ditanggung Pertamina sebelumnya.

"Harga jualnya iya sedikit, tidak sampai Rp 500 per liter," jelas dia.

Dengan dalih menjaga kestabilan perekonomian nasional dan untuk menjamin penyediaan BBM nasional, pemerintah memutuskan harga BBM jenis Premium RON 88 di wilayah penguasaan luar Jawa-Madura-Bali tetap Rp 7.300 per liter dan jenis Solar tetap Rp 6.9000 per liter.

"Harga BBM itu mesti dijaga stabilitasnya kemudian kita punya program bagaimana caranya mempercepat program energi kita, bahkan anggota DPR mempertanyakan, apakah kita masih perlu subsidi, memang sebaiknya kita menjaga itu," ungkapnya. [http://www.merdeka.com/uang/harga-bbm-tak-turun-pemerintah-dan-pertamina-untung-rp-500liter.html]







Jokowi - JK 8079377094434273175
Beranda item

Terkini

Follow by Email