1657408484514812
Loading...

Harian Berita Amerika Gambarkan Wanita Indonesia sebagai Orangutan dalam Kartun



Sebuah kartun yang dimuat harian Amerika Serikat, Boston Globe, mengundang kontroversi. Isinya sangat menyinggung perasaan warganegara Indonesia.

Di dalam kartun karya Wulf & Morgenther, yang disingkat WuMO itu, tim bola voli pantai wanita Indonesia digambarkan menggapai victory dalam sebuah pertandingan. Kartun itu terbit 2 Agustus 2015.

Kemenangan tim voli pantai wanita Indonesia itu terjadi karena tim Indonesia terdiri dari tiga orangutan yang menjulukan tangan ke atas melebihi ketinggian net. Karena blockin itulah, tim lawan tidak bisa menyarangkan sebuah bola pun ke wilayah tim Indonesia.

Di bagian kiri bawah kartun tertulis kalimat singkat: “Indonesia wins the World Cup in beach volley ball again”, atau “Indonesia menang Piala Dunia bola voli pantai lagi”.

Seorang blogger Indonesia, Elle Wibisono, mengecam kartun itu. Kecaman Elle disampaikan lewat halaman Facebook miliknya, juga blog pribadinya.

“Kemarin seorang sahabat baik saya di Boston memperlihatkan sebuah komik yang menyakitkan dan menyerang yang dimuat di harian Boston Globe,” tulisanya dalam bahasa Inggris.

“Sungguh sedih menyaksikan rasisme yang begitu terang benderang diperlihatkan Boston Globe,” kata dia lagi.

Di dalam artikel kecamannya itu, Ellen juga memuat dua foto dirinya dengan poster kecil yang mempertanyakan sikap Boton Globe.

“Dear Boston Globe & WuMo, do I look like an Orangutan to you?” tanyanya dalam salah satu poster.

ellewibisono.wordpress.com

Sementara di poster berikutnya, Elle Wibisono menulis: “Indonesian are not and should not be represented as orangutans.”







Berita Dunia 201368512373645403
Beranda item

Terkini

Follow by Email