1657408484514812
Loading...

Meski Sering Kritik Jokowi, Romo Magnis Dapat Penghargaan dari Pemerintah



Filsuf dan Budayawan Franz Magnis Suseno menjadi salah satu dari 18 penerima tanda kehormatan Bintang Mahaputra Utama yang dianugerahkan Presiden RI Joko Widodo. Romo mengaku dirinya akan tetap kritis terhadap pemerintah meski dirinya telah menerima penghargaan hari ini.

"Tetap seperti sekarang, meski menerima penghargaan tidak akan mengubah itu," ujar Romo Magnis di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Menurut Romo Magnis, kritik terhadap pemerintah sangat diperlukan agar Indonesia bisa mengatasi segala tantangan dan kesulitan yang sedang dihadapi.

"Saya sendiri selalu pada dasarnya optimis jika kita mau," kata Romo Magnis.

Romo Magnis mengatakan salah satu cara Indonesia mengatasi tantangan yaitu kerukunan antarumat beragama. Mulai dari itu, Romo yakin rakyat Indonesia tidak mudah dipecah belah.

"Itu harus diusahakan terus karena di dunia modern kepentingan selalu bisa mengancam kesediaan hidup bersama dan membangun bersama. Saya sendiri penting agar umat beragama tidak hanya menerima tetapi juga saling menghargai dan saling percaya antar orang-orang," ujar Romo Magnis.

Sebelumnya, Direktur Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, tersebut pernah menyinggung aksi blusukan Jokowi. Romo Magnis menilai berbagai masalah di Indonesia tidak dapat selesai hanya dengan mengandalkan blusukan.

"Bagi seorang Presiden, blusukan itu hanya dilakukan sesekali saja. Blusukan itu tidak menyelesaikan masalahnya," kata Franz saat ditemui di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, seperti dilanir Tribunnews, Jumat (21/3/2014).

"Apabila dia membangun jembatan Jawa-Sumatera, itu tidak bisa diselesaikan dengan blusukan. Itu makanya dia harus punya pertimbangan. Apa dia mau berenang dari Jawa ke Sumatera," tuturnya.

Franz menambahkan, tantangan menjadi seorang Presiden lebih besar dibandingkan menjadi pemimpin daerah. Sehingga perlu ada strategi jitu untuk dapat membuat rakyat Indonesia merasakan kebijakan pemimpinnya.





Jokowi - JK 3524418529168476479
Beranda item

Terkini

Follow by Email