1657408484514812
Loading...

Bertemu Raja Saudi, Presiden Jokowi Minta Pengampunan 4 TKI yang Dihukum Mati



Sebelumnya, diberitakan bahwa Raja Arab Saudi memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo untuk menambah 10.000 kuota Jamaah haji Indonesia. Selain itu, presiden juga dalam pertemuan dengan Raja Arab Saudi membicarakan masalah Tenaga Kerja Indonesia yang tengah menghadapi persoalan hukum di sana.


Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan permintaan pengampunan atas empat tenaga kerja Indonesia (TKI) yang terancam hukuman mati kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azizi. Mereka adalah Tuty Tursilawaty, Etty Toyib, Ato Suparto dan Agus Ahmad Arwas.

Dikutip dari okezone.com, "Upaya yang dilakukan, bila sampai Presiden sudah sampaikan ke Raja berarti pemerintah sudah (melakukan) upaya maksimum," kata Menteri Luar Negeri, Retno P Marsudi, di Jeddah pada Sabtu malam atau minggu (13/9/2015) dini hari WIB.

Terkait permintaan tersebut, tutur Retno, Raja Salman mengatakan akan membantu hal-hal yang bersifat umum. Namun menyangkut hak keluarga korban, lanjut dia, hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang Arab Saudi.

"Empat WNI itu adalah mereka yang sudah memasuki tahap akhir. (proses persidangan). Saat ini masih ada sekira 20 WNI lain, namun proses hukumnya masih ditahap awal," ungkapnya.

Seperti diberitakan, pemerintah Arab Saudi menetapkan hukuman mati kepada empat tenaga kerja Indonesia. Tuty Tursilawaty dan Etty Toyib warga Majalengka dihukum karena terkait kasus pembunuhan terhadap majikannya.

Sementara Ato Suparto warga Cirebon dan Agus Ahmad Arwas warga Sukabumi, didakwa karena memerkosa dan membunuh seorang warga negara Indonesia di Arab Saudi bernama bernama Fatma.





Jokowi - JK 5331446938284682489
Beranda item

Terkini

Follow by Email