1657408484514812
Loading...

Bukan Hanya Penyakit, Kebahagiaan pun Ternyata Bisa Menular loh...


Tahukan Anda bahwa bukan hanya penyakit yang bisa menular, kebahagiaanpun ternyata bisa menular dari seseorang yang sedang bahagia kepada orang lain yang tengah dirundung masalah atau depresi. Maka dari itu, dekat-dekatlah dengan orang yang memiliki mood yang baik dan juga teman baik karena berada di sekeliling orang yang positif berdampak menyehatkan bagi kita.


Para peneliti dari Universitas Warwick dan Universitas Manchester di Inggris mengamati data dari 2000 remaja di Amerik Serikat. Memakai metode yang sama seperti para peneliti melacak penyebaran penyakit, mereka meneliti bagiamana mood menyebar di antara remaja dan lingkaran sosial mereka.

Hasilnya, remaja yang memiliki teman dengan mood yang positif ternyata kemungkinannya mengalami depresi berkurang. Bukan hanya itu, remaja yang tadinya dirundung rasa depresi juga berangsur pulih jika mereka bertaman dengan orang-orang "bahagia'.

Di lain pihak, penelitian menunjukkan bahwa rasa depresi yang dialami seorang remaja tidak berpengaruh pada kesehatan mental temannya. Jadi, tak perlu khawatir untuk berteman dengan seseorang yang tampanya sedang berjuang melawan depresinya.

"Tak ada efek negatif dari pertemanan itu. Teman Anda yang depresi malah bisa kita bantu untuk pulih," kata peneliti.





Psikologi 8366411207861362947

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email