1657408484514812
Loading...

Manfaat Olahraga Ba'da Sholat Subuh untuk Kesehatan



Berolahraga memang bermanfaat untuk tubuh. Dengan melakukan aktivitas fisik, tidak hanya jiwa yang sehat, melainkan raga turut merasakannya. Manfaat itu akan didapat, bila kita berolahraga di waktu yang tepat. Yaitu, di pagi hari.


"Berolahraga sangat baik bila dilakukan ketika udara masih segar di pagi hari. Terutama ba'da salat Subuh, sekitar pukul 05:00 atau 05:30 WIB," kata dr. Muhammad Suwardi dikutip dari Health Liputan6.com.

Menurut Suwardi, olahraga yang dilakukan tidak harus berat. Lakukanlah semampu kita, yang dirasa ringan dan tidak memberatkan. Misalnya, kata dia, kita bisa keluar rumah tanpa alas kaki, dan berjalan di atas bebatuan kerikil, atau jalanan beraspal.

"Kemudian, bentangkan kedua tangan, lalu angkat ke atas secara perlahan-lahan, sembari menghirup udara segar dengan tarikan napas yang dalam, hingga seluruh rongga dada terisi udara segar.  Lalu, tahan napas dalam beberapa detik, sampai hitungan ke sepuluh," kata Suwardi menjelaskan.

Suwardi melanjutkan, ketika itu dilakukan dengan benar, maka kesejukan yang nikmat menjalar ke seluruh tubuh yang akan kita rasakan. "Itulah karunia Allah SWT yang tak ternilai harganya," kata dia menerangkan.

Tuhan, kata dia, telah menganuegarahkan oksigen yang melimpah untuk hamba-Nya, gratis dan tanpa batas. Coba bandingkan bila kita harus menghirup oksigen di rumah sakit. Berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Setelah menghirup udara sejuk di pagi hari, sekujur tubuh akan terasa tenang dan segar. Ketua Forum Kajian islam dan Kedokteran Indonesia menuturkan, rasakanlah setiap aliran darah dan efek menenangkan dari udara segar yang masuk.

"Selain menyejukkan, udara di pagi hari juga bersih dan bebas polutan. Selain itu, udara pagi juga dapat menurunkan tekanan darah sekitar 10 sampai 20 mg Hg," kata penulis buku `Solusi Sehat Islami` menekankan.





Olahraga 6477180775799915239
Beranda item

Terkini

Follow by Email