1657408484514812
Loading...

Manfaat Rutin Olahraga Renang untuk Kesehatan Jantung


Anda suka berenang? Ada kabar baik bagi Anda yang suka olahraga berenang. Berenang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung. Demikian menurut sebuah studi oleh Counsilman Center for the Science of Swimming Human Performance Laboratory di Indiana University.


Berenang merupakan olahraga yang dapat dilakukan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Olahraga ini juga terbilang aman dilakukan bagi orang yang obesitas karena tidak membebani bagian kaki saat digerakkan. Gerakan berirama dan melawan air dinilai baik untuk kebugaran tubuh.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost.com, manfaat berenang antara lain, memperkuat tubuh dan stabilitas, memperbaiki kebugaran aerobik, menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah hingga Kolesterol, meningkatkan HDL atau kolesterol baik, menurunkan tekanan darah, memperkuat otot tubuh, termasuk menguatkan bagian lutut.                                        

Tak heran jika olahraga dalam air ini memang dinilai sangat baik bagi Anda yang memiliki masalah ortopedi, seperti bagian lutut. Kolam renang pun sering kali menjadi tempat terapi untuk orang-orang yang memiliki masalah persendian, tulang, dan otot.

Mengapung di air membuat beban tubuh menjadi ringan dan risiko cedera juga lebih rendah. Berada di air juga dipercaya dapat membuat suasana tenang dan damai. Sesi berenang bisa menjadi salah satu cara untuk meditasi atau menghilangkan stres.

Penelitian dari IUB pun menunjukkan bahwa orang yang rutin berenang 3 sampai 5 km dalam tiga hingga lima kali seminggu dapat menunda proses penuaan selama puluhan tahun.

Nah, bagi Anda yang belum bisa berenang, belajarlah mulai dari sekarang. Hilangkan sara takut terhadap air. Selain itu, sebaiknya mengecek denyut jantung terlebih dahulu seperti halnya saat ingin olahraga lannya.

Anda harus memiliki kepercayaan diri untuk bisa berenang jika berlatih.  Berenang pun dapat menjadi olahraga yang menyenangkan.





Kesehatan Jantung 1814314554742708409
Beranda item

Terkini

Follow by Email