1657408484514812
Loading...

Menteri Pertanian: Stok Beras Melimpah, Jokowi-JK Belum Pernah Import Beras


Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, hampir setahun pemerintahan Jokowi-JK, pemerintah belum pernah impor beras. "Alhamdulillah, usia pemerintah Jokowi-JK bakal satu tahun, kita belum melakukan impor. Ini karena stok beras kita melimpah. Buktinya surplus produksi gabah di daerah Karawang cukup besar yakni 550 ribu ton. Ini hasil yang luar biasa," ujar Amran di Desa Mekarasih Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang Jawa Barat, Jumat (25/09/2015).


Menurut Mentan, saat ini, tim peneliti IPB yang berhasil menciptakan varietas IPB 3S, menyediakan sejumlah varietas lain yang memiliki keunggulan khusus di setiap kondisi. "Pada kondisi kering sudah ada varietas IPB 10S, pihak IPB juga sudah menyiapkan benihnya," papar mentan.

Sementara untuk musim penghujan, kata mentan, IPB memiliki varietas yang tahan terhadap banjir. "Varietas yang tahan banjir juga ada, sudah di sediakan Impara 30S, hasil karya IPB juga," papar Amran.

Semua varietas benih padi unggulan itu, lanjut mentan, akan di distribusikan ke sejumlah daerah yang ada di seluruh Indonesia. "Untuk di daerah karawang sendiri saya meminta untuk segera melakukan penanaman lagi jangan berlama-lama lagi, harus segera," tegas mentan.

Plt Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana, mengatakan, Pemkab siap melakukan penanaman padi kembali paska panen raya ini. Semuanya demi mendukung program swasembada pangan yang digagas pemerintahan Jokowi-JK. Selain juga mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Selama ini sektor industri menjadi primadona di daerah Karawang. Namun tidak banyak berdampak kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Namun, sektor pertanian-lah yang bisa mengangkat perekonomian mayarakat dan PAD kami," kata Cellica. [ipe] - (ekonomi.inilah.com)





Ekonomi 9048139269877452427

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email