1657408484514812
Loading...

Menyingkap Misteri Hamil Anggur: Mengetahui Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengatasinya


Perempuan mana yang tak bahagia bila rahimnya telah terisi janin, si calon bayi. Namun kebahagiaan itu bisa pupus ketika ternyata rahim tidak berisi janin, melainkan berisi gelembung-gelembung mirip buah anggur. Itulah yang dinamakan hamil anggur. Bagaimana mencegahnya?


Hamil anggur yang dalam istilah medisnya dikenal dengan nama Mola merupakan kehamilan abnormal berupa pertumbuhan yang berlebihan dan sel-sel plasenta atau ari-ari yang berbentuk gelembung – gelembung seperti buah anggur. Pada umumnya, tidak ada pertumbuhan janin dalam keadaan hamil anggur. Akan tetapi, dalam jumlah persentasi kecil, hamil anggur dapat pula disertai dengan pertumbuhan janin. Keadaan ini disebut sebagai hamil anggur parsial, dimana janin yang tumbuh umumnya disertai kelainan atau cacat bawaan.

Karena hamil anggur merupakan kehamilan yang bersifat abnormal, maka perempuan yang mengalaminya harus segera mengeluarkan kandungannya. Perempuan yang mengalami hamil anggur memiliki kemungkinan untuk munculnya kanker. Kanker ini kemudian dapat menyebar ke organ tubuh lainnya seperti paru-paru, otak, dan organ lainnya. Pada umumnya, kematian akibat kanker setelah hamil anggur terjadi akibat penyebaran kanker dari otak ke hati. Namun, jika perempuan yang mengalami hamil anggur dapat sembuh, perempuan tersebut dapat hamil secara normal.

Risiko Tujuh kali lipat

Penyebab pasti hamil anggur masih merupakan misteri namun berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan Prof Dr dr Andrijono spOG (K) memunculkan kesimpulan bahwa penyebabnya karena kekurangan vitamin A. pada penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa kadar vitamin A dalam darah penderita hamil anggur lebih rendah dibandingkan perempuan dengan hamil normal. Penelitian tersebut turut memperlihatkan bahwa risiko seorang perempuan hamil menderita hamil anggur adalah 6,8 kali lebih besar, jika kadar vitamin A dalam darahnya kurang. Bahkan risiko juga meningkat 7 kali, jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang pertama. Menurut data penelitian tersebut, terlihat dari 73,13 persen penderita hamil anggur, deposit vitamin A nya di bawah normal dan keadaan ini diwujudkan dengan adanya gangguan fungsi hati.

Penelitian lain dilakukan pula terhadap kadar vitamin A pada biakan sel-sel hamil anggur, terbukti dapat meningkatkan kematian sel hamil anggur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa vitamin A dapat mematikan sel-sel hamil anggur secara fisiologis sehingga pemberian vitamin A dapat merangsang pemulihan pada penderita hamil anggur.

Murah dan Sangat efektif

Vitamin A dapat meningkatkan proses kesembuhan serta mencegah terjadinya kanker yang disebabkan sel hamil anggur yang tumbuh berlebihan. Pencegahan ini sangat cukup berarti, karena relatif mudah dilaksanakan, murah dan sangat efektif. Standarnya 5000 unit asupan vitamin A perharinya. Pencegahan tersebut akan menurunkan angka kesakitan, mempercepat pemulihan fungsi reproduksi, menurunkan angka kegagalan fungsi reproduksi serta menurunkan kematian.




Kehamilan 7116392357586508367

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email