1657408484514812
Loading...

Perkuat Alutsista, TNI Beli Lagi Tank Leopard dan Tank Marder Buatan Jerman



Untuk memperkuat alat utama sistem persenjataan (alutsista), TNI Angkatan Darat kembali menerima 21 main battle tank (MBT) Leopard buatan Jerman. Tank tersebut merupakan bagian dari 164 unit tank yang dipesan Indonesia.


"Sudah datang. Sekarang posisi sudah di gudang, bukan di pelabuhan lagi karena sudah dari Sabtu (4 September 2015) kemarin" ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Wuryanto, seperti dikutip dari sindonews, Selasa (8/9/2015).

Menurut Wuryanto, 21 tank yang datang pada gelombang kedua ini terdiri atas 16 tank Leopard dan lima tank Marder.

Seluruh tank tersebut kini ditempatkan di Gudang Pusat Kendaraan TNI AD guna dilakukan pengecekan dan verifikasi.

"Dicek dulu, prosedurnya kan datang, langsung diverifikasi di gudang. Kemudian ada verifikasi, dicek semuanya. Setelah verifikasi baru ditempatkan," ujar Wuryanto.

Menurut Wuryanto, apabila dari hasil pengecekan terdapat kekurangan maka pihaknya bisa mengajukan komplain ke Rheinmettal AG, Jerman.

Dia mengatakan setelah proses verifikasi selesai, selanjutnya tank-tank Leopard itu akan ditempatkan di Batalyon Kavaleri (Yon Kav) yang berada di Jakarta dan Jawa Timur.

"Semakin cepat semakin bagus (proses verifikasi). Tank ini nantinya akan melengkapi alutsista yang sudah ada di Yon Kav Kostrad. Untuk tank Murder akan di tempakan 412 dan 413," katanya.

Dia menambahkan bila TNI masih akan menerima pengiriman tank jenis itu di kemudian hari.

"Untuk pengadaan ini, enggak tahu jadi berapa gelombang, kelihatannya masih belum lengkap semuanya. Kalau sudah siap di sana (Jerman)pasti langsung dikirim," katanya.





Militer 3941019011090005671
Beranda item

Terkini

Follow by Email