1657408484514812
Loading...

Profil & Biodata Sandiago Uno, Orang Terkaya ke-37 di Indonesia siap Hadapi Ahok di Pikada DKI 2017 ?


Meski pilkada DKI masih lama, nama Sandiago Uno mulai ramai diperbincangakan sebagai kandidat yang bakal jadi saingan kuat Ahok di pilkada DKI 2017. Siapa sebenarnya Sandiago Uno? Berikut ulasannya.


Sandiaga Salahudin Uno atau sering dipanggil Sandi Uno (lahir di Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969) adalah pengusaha asal Indonesia. Sering hadir di acara seminar-seminar, Sandi Uno yang berdarah Gorontalo ini kerap memberikan pembekalan tentang jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), utamanya pada pemuda.

Sandi Uno memulai usahanya setelah sempat menjadi seorang pengangguran ketika perusahaan yang mempekerjakannya bangkrut. Bersama rekannya, Sandi Uno mendirikan sebuah perusahaan di bidang keuangan, PT Saratoga Advisor. Usaha tersebut terbukti sukses dan telah mengambil alih beberapa perusahaan lain .

Pada tahun 2009, Sandi Uno tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes.

Tahun 2011, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Sandiaga Uno menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan US$ 660 juta.

Sandiaga Salahudin Uno belum genap setahun terjun ke panggung politik. Namanya baru tercatat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada 8 April 2015. Namun kini namanya sudah digadang menjadi calon gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Seperti apa profil Sandiaga?

Kecemerlangannya mengelola bisnis mengantarkan Sandiaga menjadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Salah satu fokus dia saat di Hipmi adalah memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Purna tugas di Hipmi, Sandi tetap fokus dalam membina UMKM dengan mendirikan 'Indonesia Setara'. Dia juga aktif dalam kegiatan penggalangan dana untuk bantuan kemanusiaan melalui 'Berlari Sambil Berbagi'.

Setelah dilantik menjadi anggota Dewan Pembina Partai Gerindra pada Rabu, 8 April 2015 lalu Sandiaga Uno menanggalkan semua jabatannya di perusahaan. Dia fokus dalam kegiatan sosial dan partai.    

Bagi Sandi antara aktivitas sosial dengan kegiatan partai bisa disinergikan. Bulan puasa lalu misalnya, Sandi aktif melakukan safari ramadhan ke sejumlah UMKM di Solo dan Yogyakarta. Dia melihat langsung persoalan yang dihadapi pelaku UMKM di tanah air, dan berusaha mencarikan solusinya.

Nampaknya, kiprah Sandiaga di sejumlah kegiatan sosial itulah yang menjadikan namanya digadang menjadi calon gubernur DKI Jakarta.

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M. Taufik mengungkapkan ada beberapa alasan DPD Gerindra DKI menganggap Sandiago sebagai cagub yang layak diajukan oleh partainya.  "Dia pintar, cerdas, sopan, muda. Dia orang sukses tapi lembut, enggak kasar," kata Taufik kemarin.

Angin segar dari Gerindra ini disambut oleh para pendukung pengusaha nasional itu. Mulai hari Selasa kemarin (8/9/2015) para simpatisan mulai bergerilya melalui media sosial.

Poster dukungan kepada Sandiaga pun disebar mulai sejumlah jejaring sosial seperti Facebook dan lainnya. Poster tersebut disebar oleh simpatisan yang mengatasnamakan Sahabat Sandiaga Uno (SSU) for DKI 1.

Sandiaga Uno sendiri saat ini tengah berada di Boston, Amerika Serikat. Dia mengaku belum tahu bahwa namanya digadang sebagai cagub DKI.

"Saya masih di luar negeri, belum bisa kasih komentar karena tidak mengikuti perkembangan di Jakarta," kata Sandiaga saat dikonfirmasi detikcom, Senin (7/9/2015) kemarin. [sumber: wikipedia, detik.com]





Jakarta 2268053529158218439
Beranda item

Terkini

Follow by Email