1657408484514812
Loading...

7 Bahaya Akibat Merokok Bagi Perempuan, Cewek yang suka ngerokok wajib baca


Jika dilihat dari luar, urusan kesehatan perempuan lebih rentan dibanding laki-laki. Memang secara fisik bentuk tubuh mereka berbeda karena perempuan memiliki siklus hormonal yang menyebabkan mereka dapat menstruasi, mengandung, serta menyusui.


Perempuan juga memiliki rahim dan payudara yang tidak dimiliki oleh laki-laki. Sedangkan dalam urusan merokok, perempuan juga lebih rentan sehingga membutuhkan perhatian medis yang lebih ekstra.

Berikut beberapa bahaya merokok bagi perempuan:

1. Kanker paru-paru

Bahaya merokok bagi perempuan yang pertama adalah terjadinya kanker paru – pari. Kanker paru-paru kebanyakan diderita oleh kaum pria, namun akhir-akhir ini kasus perempuan yang terkena kanker paru-paru mengalami kenaikan. Hal ini diyakini akibat dari kebiasaan merokok.

2. Kanker mulut, kerongkongan, dan tekak

Sebelum mencapai organ paru-paru, organ-organ inilah yang sebelumnya akan terkena asap rokok terlebih dahulu. Tekak merupakan langit-langit pada bagian belakang mulut. Angsangan kronis pada bagian ini juga dapa memicu pembentukan sel kanker.

3. Kanker serviks

Para ahli kanker masih memperdebatkan apakah rokok dapat menyebabkan kanker serviks. Beberapa ahli berpendapat zat racun yang terkandung dalam rokok dapar mencapai leher rahim yang nantinya dapat menigkatkan resiko terinfeksi HPV (human papilloma virus). Sejenis serotipe tertentu yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker

4. Kanker payudara

Sama seperti pada kasus kanker serviks, para ahli juga masih memperdebatkan asap rokok yang dapat menyebabkan kanker payudara.                                              
Namun pada penelitian yang dilakukan, zat-zat kimia pada rokok dapat memicu munculnya sel kanker pada hewan yang diujicobakan.

5. Gangguan kesuburan

Bahaya merokok bagi perempuan berikutnya adalah gangguan kesuburan. Pada perokok, gangguan kesuburan atau fertilitas mereka dapat berkurang mencapai 72 persen. Dengan kata lain, perempuan perokok memiliki kemungkinan lebih besar untuk mandul (infertil) dibanding perempuan yang tidak merokok

6. Gangguan menstruasi

Resiko gangguan kesehatan akibat merokok tidak hanya kanker saja. Kebiasaan merokok pada perempuan juga akan meningkatkan gangguan pada siklus menstruasi, keputihan, serta pendarahan berlebih. Semua kondisi tersebut dapat terjadi karena racun rokok yang mempengaruhi indungtelur atau ovarium dan menurunkan kadar hormon estrogen.

7. Gangguan kehamilan

Bagi perempuan yang sedang mengandung, zat-zat racun pada asap rokok dapat menyebabkan masalah pada plasenta. Plasenta merupakan jalan utama bagi janin untuk mendapatkan asupan nutrisi dari ibunya. Jika plasenta mengalami gangguan, maka bayi yang lahir beresiko mengalami prematur atau memiliki berat bada rendah saat lahir.

Demikian beberapa bahaya merokok bagi perempuan. Semoga bermanfaat dan kita semua bisa menghindari rokok karena akibat yang ditimbulkan sungguh merugikan kesehatan. (ibuhamil.info)





Rokok 7129960650196541963

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email