1657408484514812
Loading...

Benarkah Kalau Bangun Kesiangan Rezeki Bakal Dipatok Ayam?


Bangun kesiangan rezeki dipatok ayam? Benarkah? Darimana asal muasal pepatah itu? Dibeberapa daerah misal di Betawi orang tua membangunkan anaknya dengan berujar “Tong, bangun! sudah siang masih tidur aje. Rejeki lu dipatok ayam ntar”. Di Jawa bilang “srengengene wis dhuwur, jam semene esih ngorok. Rezekeni dipatoki Ayam“.


Lalu Benarkah seperti itu? Apakah ayam akan mengambil rezeki orang yang bangun kesiangan?

Sebenarnya, kalimat itu bermaksud untuk memotivasi seseorang agar bangun pagi-pagi untuk kemudian melakukan berbagai aktifitas, khususnya menjemput rezeki.

Ayam dijadikan saingan manusia dalam menjemput rezeki mungkin karena binatang yang satu ini membuka matanya lebih awal dari manusia. Ketika manusia masih memejamkan matanya dengan balutan selimut hangat di atas kasur yang empuk, ayam jago sudah berkokok sebelum subuh sekitar jam 3 atau jam 4 pagi sebagai pertanda lahirnya hari baru. Ayam betina pun mengajak anak-anaknya untuk mengais rezeki mencari makanan.

Ayam tidaklah mungkin mengambil alih rezeki manusia. Ayam dan manusia punya jatah rezeki masing-masing. Yang mungkin terjadi adalah rezeki manusia yang telat bangun, akan diambil orang-orang yang bangun dan beraktifitas lebih dahulu misalnya pedagang akan kehabisan pembeli karena para pembeli sudah membeli ke pedagang lain yang sudah datang duluan.

Oleh karena itu, membiasakan diri untuk bangun pagi memang seharusnya menjadi rutinitas setiap hari karena dari segi kesehatan pun, bangun pagi baik untuk kesehatan tubuh.






Gaya Hidup 5573994106022467582

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email