1657408484514812
Loading...

Dahsyatnya Kabut Asap Indonesia Dilihat dari Satelit NASA


Hujan yang jarang turun sebagai dampak El Nino, membuat asap tak kunjung reda. Bahkan, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mewanti-wanti, kebakaran hutan di Indonesia tahun ini bisa jadi yang terparah dalam sejarah.

Foto Asap Kebakaran Kalimantan dan Sumatera dari Satelit (REUTERS/NASA)
NASA merilis citra satelit yang menunjukkan dahsyatnya asap yang berasal dari kebakaran hutan di Indonesia tepatnya di atas perairan Kalimantan dan Sumatra. Citra itu diambil oleh instrumen Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) yang berada di Satelit Terra milik NASA pada 24 September 2015.

"Kebakaran di Indonesia tidak seperti umumnya. Sangat sulit untuk dipadamkan. Api membara di bawah permukaan tanah dalam waktu yang lama, sering kali selama berbulan-bulan," demikian kutip dari situs NASA.

Badan antariksa tersebut menambahkan, asap bersumber dari pembakaran lahan gambut yang basah di perairan Kalimantan dan Sumatra. lmuwan NASA meyakini, situasi tahun ini serupa dengan tahun 1997 yang tercatat sebagai bencana kabut asap paling parah dalam sejarah.
                                                                           
"Kondisi di Singapura dan tenggara Sumatra serupa dengan 1997," kata Robert Field, ilmuwan Columbia University yang juga bekerja untuk NASA, seperti dikutip dari Deutsche Welle.

"Jika perkiraan cuaca yang memprediksi kemarau panjang bertahan, ini akan membuat kabut asap 2015 termasuk yang paling parah dalam sejarah."

Citra satelit pada 5 September 2015 yang diambil instrumen Operational Land Imager pada Satelit Landsat 8 (NASA)





Kabut Asap 2513994397643891121

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email