1657408484514812
Loading...

Dinilai Banyak Prestasi, PDIP Puas dengan Kinerja Jokowi-JK Setahun ini


Partai PDIP merasa puas terhadap kinerja satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla. Masalah yang muncul ke permukaan dianggap sebagai dinamika wajar dan tidak mengurangi prestasi yang ditorehkan.


Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan, partainya secara khusus melakukan kajian terhadap satu tahun kinerja pemerintahan Jokowi. Kajian dilakukan untuk evaluasi dan pertanggungjawaban kepada publik.

"Kami berpendapat arah kepemimpinan dalam pembangunan nasional sudah pada track yang tepat," kata Hasto, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Hasto menekankan, pemerintahan Jokowi mampu mengatasi keterbatasan fiskal untuk mulai mengeksekusi program pada awal pemerintahan. Ia juga menilai pemerintah sigap meredam dampak krisis global yang mengancam Indonesia.

"Tapi, kami akan evaluasi kritis agar tahun kedua pemerintah berjalan lebih cepat," ujarnya.

Dinamika politik dinilai baik

Secara terpisah, Ketua Fraksi PDI-P di MPR, Ahmad Basarah, menilai, secara umum dinamika politik dalam satu tahun pemerintahan Jokowi berjalan baik.                                  
Contohnya, pemilihan kepala daerah yang dipilih langsung dan serentak. Ia menganggap keinginan publik agar pilkada dipilih langsung berhasil diakomodasi oleh pemerintah dan fraksi pendukungnya.

Selain itu, anggota Komisi III DPR RI itu menilai, kinerja kepolisian dan kejaksaan pada tahun pertama pemerintahan Jokowi juga cukup memuaskan. Indikatornya, pemberantasan kriminalitas jalanan, penanganan kasus dugaan korupsi di PT Pelindo II, eksekusi mati gembong narkoba, dan pembinaan jaksa berintegritas.

"Kalaupun ada riak-riak politik, itu terjadi di internal partai politik. Dinamika di parlemen, pemerintah tidak ikut campur," kata Basarah.

Meski demikian, Basarah mengakui jika pemerintahan Jokowi kurang maksimal mengoordinasikan usulan program kepada partai pendukung. Imbasnya, dukungan dari parlemen minim dan mengganjal pelaksanaan program tersebut.

"Pemerintahan Jokowi dinilai kurang komunikatif dengan partai pengusungnya sehingga memberikan kesulitan untuk mendukung di parlemen," ujar Basarah. (kompas.com)





Jokowi - JK 3590477967867501303

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email