1657408484514812
Loading...

Dokter, Kenapa Kok Vagina Saya Sering Terasa Gatal?


Area Miss V (vagina) terasa gatal sering dikeluhkan sebagian wanita, malah ada pula yang ditandai gejala bentol. Kalau sudah begini, pastinya aktivitas harian akan terganggu karena wanita pastinya merasa malu bila tiba-tiba saat ditempat umum merasa gatal dan harus menggaruk area sekitar alat kelaminnya tersebut.


Dokter Rahajeng dari laman Meetdoctor menjabarkan solusi dari masalah ini. Menurutnya, yang perlu diketahui di bagian awal, adalah sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Apakah sebelum keluhan ini terjadi, Anda menggunakan sabun, pembalut, atau panty liner dengan wewangian tertentu? Rajinkah Anda menggunakan celana dalam baru?

“Apakah keluhan terjadi pada area rambut kemaluan? Apakah keluhan gatal itu diikuti keputihan? Gatal pada Miss V dapat disebabkan beberapa hal, di antaranya iritasi atau alergi terhadap zat tertentu,” ujarnya.

Ia terangkan, apabila diikuti keputihan kental, bergumpal-gumpal seperti susu, maka kemungkinan itu jamur. Bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan, maka kemungkinan disebabkan parasit.
                                               
Bila ada titik darah di celana dalam dan sangat gatal di kemaluan, mungkin disebabkan kutu di rambut kemaluan. Kemungkinan lain, adalah gatal akibat Miss V yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga.

“Saran saya, seringlah mengganti celana dalam apabila berkeringat atau lembab. Gunakan celana dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat, serta hindari ukuran celana dalam terlalu ketat. Apabila ingin menggunakan panty liner, pilihlah yang tidak mengandung pengharum dan tidak digunakan lebih dari 4-6 jam,” terang Rahajeng.

Hindari pula penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam liang kemaluan.

Saat hendak membilasnya setelah buang air kecil, lakukan dengan arah dari depan ke belakang, menggunakan handuk atau tisu kering. Jika hal ini berlanjut, disarankan berobat langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin, agar dapat ditelusuri penyebabnya disertai penanganan optimal.



Vagina 4458571293301548325

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email