1657408484514812
Loading...

Duit pas-pasan, Pilih Beli Mobil dulu atau Rumah dulu?


Salah satu dilema karyawan yang sudah bekerja setahun atau lebih, biasanya adalah masalah mana lebih baik yang didahulukan untuk dimiliki: mobil atau rumah? Bukan tanpa alasan, karena dari kacamata seseorang, keduanya bisa jadi sama penting.


Namun, sebelum memutuskan, simak perspektif menarik dari Ngaturduit.com berikut ini:

Mobil dulu, kenapa?

Pertama, coba tanyakan kepada diri sendiri, ‘Akan Anda gunakan untuk apa mobil itu? Apakah sekadar menjadi alat transportasi untuk mempermudah Anda ke kantor dan bersenang-senang? Atau Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan?
Mengapa pertanyaan tersebut harus Anda tanyakan? Karena umumnya, jika kinerja Anda baik di suatu perusahaan – apalagi perusahaan besar – umumnya mereka akan memberikan fasilitas yang salah satunya bisa berupa kendaraan dinas. Bahkan beberapa perusahaan meminjamkannya untuk Anda pakai.

Namun jika perusahaan Anda tidak memberikan fasilitas tersebut karena kinerja Anda dianggap belum memenuhi persyaratan untuk dipinjami kendaraan, atau karena memang tidak ada fasilitas ini, Anda pun tidak ada salahnya menanyakan pertanyaan berikutnya, ‘Apakah mobil itu untuk alat transportasi semata atau untuk mendapatkan penghasilan tambahan?’

Di zaman yang semakin kompetitif dan sulit ini, Anda harus terus putar otak agar jangan sampai keuangan Anda mudah tergerus oleh keadaan, atau oleh inflasi.

Rumah dulu, kenapa?

Lalu, bagaimana kalau Anda memutuskan untuk membeli rumah terlebih dahulu alih-alih mobil? Pilihan itu tidak salah, tetapi lagi-lagi Anda perlu bertanya, ‘Apakah pekerjaan Anda sudah cukup aman untuk membiayai cicilan dan merawat rumah?’                              
Mungkin sebelum itu ada pertanyaan yang tidak kalah penting yang perlu Anda ajukan, yaitu. ‘Apakah rumah tersebut akan langsung Anda tinggali, atau untuk menjadi alat investasi?’

Kesimpulan

Apakah Anda memilih untuk membeli mobil terlebih dahulu atau rumah, yang terpenting bukan hanya sekadar membeli saja. Sebab Anda juga harus memikirkan kemampuan membayar cicilan dan perawatan.

Tidak salah pula kalau Anda menjadikan mobil atau rumah sebagai alat investasi atau sebagai alat penghasilan tambahan. Hal itu bukan hanya untuk menambah keuntungan Anda, tetapi juga memperingan Anda membayar cicilan, perawatan, dan tentu keuntungan. Sehingga mobil atau rumah Anda tersebut memiliki nilai tambah bagi Anda.

Yang perlu juga diingat, adalah harga mobil umumnya lama-kelamaan akan semakin menurun. Sedangkan harga rumah lama-kelamaan harganya selalu meningkat. Artinya, kalau Anda membeli mobil sekadar alat transportasi, maka ke depannya tentu akan terus menggerus keuangan Anda. Di lain pihak, sekalipun rumah Anda jadikan tempat tinggal semata, maka dikemudian hari akan menambah keuangan Anda.

Bagi beberapa orang, apalagi jika mereka yang dalam pekerjaannya banyak berurusan dengan klien atau harus banyak bekerja di lapangan, maka mobil lebih cenderung didulukan. Dengan demikian, maka semua kembali ke prioritas masing-masing (ngaturduit.com/readersdigest.co.id)





Otomotif 6200764301552217141

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email