1657408484514812
Loading...

H-1 Persib vs Sriwijaya FC, 6 Bus Bandung yang Disangka Angkut Bobotoh Rusak Dilempari Batu


Sejak Jumat (16/10) malam hingga Sabtu (17/10) kondisi di beberapa lokasi di Jakarta sedikit mencekam. Sedikitnya enam bus dirusak massa di Jakarta, pada Jumat malam hingga Sabtu dinihari. Perusakan bus tersebut diduga ada kaitannya dengan rencana kedatangan ribuan bobotoh Persib ke Stadion Gelora Bung Karno untuk menyaksikan tim kesayangan mereka, Persib Bandung berlaga di final Piala Presiden 2015 melawan Sriwijaya FC.


Bobotoh, suporter Persib yang merupakan musuh bebuyutan The Jakmania dijadwalkan akan memenuhi Jakarta. Karena itulah di beberapa lokasi di Ibu Kota mobil-mobil berpelat nomor Bandung (plat D) dihadang sejumlah kelompok.

Bus pertama yang menjadi sasaran serangan gerombolan remaja adalah Bus Primajasa. Bus tersebut dilempari batu saat melintas di Tol Dalam Kota karena disangka mengangkut bobotoh Persib Bandung.

Pelemparan terjadi pada Jumat malam sekitar pukul 22.00. Akibatnya, kaca jendela Bus Primajasa pecah.

Menurut beberapa saksi, pelaku pelemparan tersebut rata-rata remaja belasan tahun dan diduga kelompok The Jakmania, suporter.

Tak berselang lama, dua bus dengan nomor polisi asal Bandung lainnya dirusak di wilayah Kuningan dan Senayan. Dua bus itu yakni Bus Surya Putera dan Wanaraja.

Bus Surya Putera dilempari batu oleh sekelompok orang remaja di Asia Afrika Senayan, depan hotel Fairmont. Sedangkan bus Wanaraja berwarna kuning dirusak di dekat Perempatan Kuningan, Jakarta Selatan. Bus tersebut juga dilempari batu.                                               
Selanjutnya, minibus (travel) X-TRANS juga tak luput dari amukan massa. Minibus ini dilempar di kawasan Pancoran, jelang masuk pintu tol dalam kota. Bahkan, minibus tersebut juga disweeping massa.

Akibatnya, minibus X-TRANS bernomor polisi D 7814 AH mengalami kerusakan kaca depan sebelah kiri. Bahkan, kaca mobil bolong akibat dilempari batu besar.

Tak cukup sampai di situ, gerombolan remaja juga melempari Bus Pariwisata di Tol Kebon Jeruk. Akibatnya, kaca Bus Pariwisata tersebut pecah.

Bahkan, Bus Damri juga tak luput dari pelemparan batu oleh para remaja belasan tahun. Bus Damri Jurusan Bandara Soekarno Hatta-Slipi-Blok M dilempari batu di jalan tol, tepatnya di kawasan Pancoran. Saat pelemparan terjadi, Bus Damri ini sedang mengarah dari Semanggi ke Cawang.

Polisi masih mendalami perusakan 6 bus di wilayah DKI Jakarta sejak Jumat malam hingga Sabtu dinihari. Meski perusakan itu diduga ada kaitannya dengan rencana kedatangan ribuan bobotoh Persib Bandung ke Jakarta, namun polisi masih melakukan pendalaman.

“Kita belum tahu, kita akan dalami. Mereka ini melakukan aksi permanisme, akan kita tindak tegas,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes M Iqbal, Sabtu (17/10). (Jawa Pos)





Piala Presiden 1828646933527844756

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email