1657408484514812
Loading...

Jakarta Siaga 1, Puluhan Ribu Polisi dan Tentara Dikerahkan Amankan Final Piala Presiden 2015


Status siaga 1 merupakan antisipasi kondisi darurat yang bisa mengancam keamanan dan ketertiban. Dalam istilah kepolisian, siaga satu sering dimaksudkan sebagai kesiapsiagaan seluruh jajaran kepolisian.


Polda Metro Jaya menetapkan status siaga satu dalam pengawalan dan pengamanan suporter Persib Bandung yang hendak ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, untuk menyaksikan tim kesayangan mereka menghadapi Sriwijaya FC, Minggu (18/10).

Sebab, dari rapat Polda Metro dengan kedua tim sebelumnya, diperkirakan 60-70 ribu Bobotoh akan datang dan berkumpul dengan 2 hingga tiga ribu Jakmania di GBK.

"Karena massanya bisa dari mana-mana ya siaga 1. Arus masa cukup besar 60-70 ribu dari pendukung Persib. Sriwijaya FC 3-5 ribu. Kita melihat perlu ada komunikasi yang baik dengan Jakmania dan bobotoh," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian usai melakukan rapat koordinasi dengan gubernur DKI Basuki T Purnama di Balaikota, Jumat (16/10).

Menurut Tito, perlunya penetapan siaga satu juga mengingat para bobotoh tak cuma datang dari arah Bandung.                                                        
Warga Bandung di DKI atau se-Jabotabek tentunya akan ikut menyaksikan tim kesayangan mereka.

"Kita tidak ingin pengamannya resimen 1000-2000 aparat di GBK. Yang lain saya perintahkan para Kapolres karena ada warga Bandung di Jakarta kan kita tidak tahu. Saya minta semua kapolres agar stand by," pungkas dia.

Total ada 40 ribu personil dilibatkan. Jumlah yang besar itu masih mungkin bertambah karena bukan hanya melibatkan Polda Metro Jaya. Kapolda Inspektur Jenderal Tito Karnavian mengaku harus melibatkan Polda Jawa Barat dan Sumatera Selatan, agar pengamanan semakin maksimal.

"Mereka dilibatkan karena sebagai daerah asal tim finalis. Di Jakarta sendiri, lanjutnya, sudah ada 40 ribu personil kepolisian yang siap dikerahkan," tegas Tito.

Jumlah itu terdiri dari 10 ribu personil yang bertugas disekitar SUGBK saat pertandingan, dan 30 ribu personil lainnya melakukan siaga satu di seluruh pelosok Ibu Kota.

"Itu masih bisa nambah, karena ada bantuan keamanan dari Kodam Jaya dan Kostrad sebanyak dua sampai dengan tiga ribu personil," tandasnya. (jpnn/metrotv/detik)





Piala Presiden 9136351938018068041

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email