1657408484514812
Loading...

Kecerdasan Anak Tidak Semata-mata Dilihat dari Nilai Rangking di Sekolah



Banyak diantara orangtua yang berpikiran bahwa rangking atau nilai pelajaran di sekolah menggambarkan cerdas atau tidaknya sang buah hati.


Padahal, menurut pakar Multiple Intelligences dari Amerika, Thomas Armstrong, kecerdasan di bidang akademik hanyalah 1 dari 8 kecerdasan yang dimiliki setiap anak.

"Kalau berpikir kecerdasan anak dinilai dari nilai atau rankingnya di sekolah itu termasuk indikator kecerdasan yang tradisional. Orangtua harus tahu bahwa anaknya memiliki potensi 8 kecerdasan," katanya pada temu media bertajuk '#BedaAnakBedaPintar bersama S-26 Procal GOLD' di Jakarta, seperti dilansir suara.com, Kamis (1/10/2015).

Delapan kecerdasan yang dimaksud Armstrong antara lain word smart, number smart, picture smart, body smart, music smart, people smart, self smart, dan nature smart.

Anak yang memiliki kecerdasan bahasa atau word smart ditandai dengan kemampuannya yang lebih cepat untuk berbicara atau melakukan percakapan. Sementara number smart ditandai dengan kemampuan anak yang menonjol dalam bidang hitung-menghitung dan matematika.        
Self smart diartikan sebagai kemampuan anak dalam menyadari kelebihan diri dan mengkomunikasikan perasaannya.

People smart ditandai dengan kemampuan anak untuk berinteraksi dengan orang lain, bagaimana berempati dan memahami perasaan orang lain. Sedangkan anak-anak yang memiliki keahlian dalam bidang musik bisa digolongkan memiliki kecerdasan musik (music smart), dan jika keahliannya dalam bidang menggambar atau berimajinasi digolongkan memiliki kecerdasan visual (picture smart).

Armstrong menambahkan, ada pula anak-anak yang menonjol di bidang olahraga namun akademiknya biasa saja. Ini berarti kecerdasan anak yang lebih menonjol memang pada bidang body smart. Sedangkan anak-anak yang penyayang binatang dan peduli pada alam bisa digolongkan memiliki kecerdasan alam (nature smart).

"Setiap anak bisa memiliki satu atau lebih kecerdasan di atas. Tergantung bagaimana stimulasi yang diberikan orangtuanya sejak kecil agar semua potensi kecerdasan ini dimiliki sang buah hati," imbuhnya.





Parenting 2379751131584910398

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email