1657408484514812
Loading...

Sejarah 1 Oktober Diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila


Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila dan selalu kita peringati setiap tahunnya. Momen tersebut memiliki sejarah yang menjadi bagian dari perjalanan bangsa Indonesia.


Sejarah hari Kesaktian Pancasila tidak terlepas dari terjadinya pemberontakan PKI yang dikenal dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 oleh Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI.

Gerakan G30S yang terjadi pada malam hari tersebut menurut sejarah versi Orde Baru gerakan ini dilakukan oleh sekelompok pasukan yang tercatat sebagai Cakrabirawa yaitu pasukan pengawal presiden yang melakukan aksi penculikan dan pembunuhan kapada para jenderal TNI.

Baca Mengenang 50 Tahun G30S PKI

Mantan Presiden Soeharto yang saat itu sama-sama menjabat seorang jenderal namanya tidak tercantum dalam daftar tokoh yang harus dilenyapkan oleh pemberontak. Sehingga Soeharto mendapatkan momentum dengan memegang kendali komando dan melakukan beberapa kebijakan strategi penting yang kemudian berhasil kembali merebut Jakarta dari tangan pemberontak. Dalam waktu sehari dan tanpa harus menggunakan peluru upaya “Dewan Revolusi” berhasil dipatahkan.

Setelah itu tanggal 1 Oktober 1965 tepatnya pada pukul 20.15 WIB malam hari Dinas Penerangan AD melalui RRI mengumumkan bahwa telah terjadi gerakan kontra revolusi yang berhasil menculik enam jenderal senior Indonesia. Tetapi situasi berhasil dikuasai kembali oleh pimpinan AD yang berada di tangan Soeharto saat itu dan mengumumkan lebih lanjut bahwa Presiden Soekarno dan Nasution dalam keadaan aman. Sehingga selamatnya Bangsa Indonesia dari pemberontakan yang terjadi dan berhasil kembali dipulihkan pada tanggal 1 Oktober dijadikan pemerintah sebagai awal mula diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila yang setiap tahunnya selalu kita peringati.





Sejarah Indonesia 4916032781950579180

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email