1657408484514812
Loading...

Setelah Jilid 1 dan 2, Pemerintah Jokowi akan Umumkan Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 3


Usai mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid I dan II, Pemerintahan Jokowi akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid III pada pekan depan.


Paket kebijakan ekonomi tahap ketiga ini diluncurkan guna mendorong kinerja perekonomian nasional yang masih dilanda kelesuan. Ada beberapa hal yang menjadi fokus dalam paket kebijakan ekonomi jilid III ini.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, setidaknya ada tiga fokus utama yang menjadi perhatian pemerintah dalam paket kebijakan ketiga.

Pertama, mendorong investasi.
                                                           
Kedua, memberikan support untuk kredit ekspor maupun kredit Usaha Kecil Menengah (UKM) guna mencegah terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Impor (LPEI).

Dengan kata lain, nantinya LPEI akan memberikan pembiayaan berupa kredit modal pada perusahaan kecil menengah, dengan catatan tidak boleh melakukan PHK.

"LPEI kan dapat Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp1 triliun tahun ini, itu akan dipakai sebagai dasar untuk pembiayaan itu. Suku bunganya pun lebih rendah dari pinjaman kredit komersial oleh perbankan," terang Bambang.

Ketiga, kebijakan mendorong daya beli masyarakat. Meski Bambang tidak menyebutkan secara spesifik, kebijakan yang akan dikeluarkan ini bertujuan untuk memacu daya beli yakni dengan menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).





Ekonomi 3795057184528747188

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email