1657408484514812
Loading...

Setiap Tanggal 2 Oktober Diperingati sebagai Hari Batik Nasional


Tanggal 2 Oktober ditetapkan pemerintah sebagai Hari Batik Nasional. Pemilihan tanggal tersebut berdasarkan keputusan UNESCO (Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan) yang pada tanggal 2 Oktober 2009 secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Sejak ditetapkannya batik ke dalam daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia oleh UNESCO 2009 tersebut, batik makin mendunia.

Beberapa selebriti dunia pun mengenakan motif cantik batik asal Indonesia seperti Jessica Alba yang sempat terlihat mengenakan gaun bermotif parang gringsing yang dipercaya sebagai penolak sakit.

Selain itu juga deretan artis seperti Dakota Fanning, Reese Witherspoon, Heidi Klum, dan Rachel Bilson juga pernah tertangkap kamera mengenakan kain motif batik.

Penetapan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional oleh pemerintah ditetapkan melalui Keputusan Presiden No. 33/2009.

Peringatan Hari Batik Nasional 2 Oktober 2015 ini telah memasuki tahun ketujuh.
         
Penetapan Hari Batik Nasional merupakan usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif di forum internasional, serta untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia khususnya batik.


Selamat Hari Batik Nasional !
Mari lestarikan warisan budaya Indonesia.





Gaya Hidup 5072378832038231354

Posting Komentar

Beranda item

Terkini

Follow by Email